25.5.08

Why Work for a Boss, When you Can Make $1000's From Home?

You know you've got it made when you can sleep in as long as you want, refuse to go to work, and still pull in mounds of money... right from the comfort of home. Imagine never being a slave to some uncaring boss... never having to leave your family for a daily commute... never getting paid WAY less than you're really worth... nothing would be better, right??? Would you like to work from home and decide your own hours and earnings??? Of course you would! But is it that easy... is it just a cake walk??

Well, no one is going to hand you ANYTHING! You do have to put in a little effort. But compared to the alternative, a day job, it is very simple for anyone to do. In fact, with just a computer and a couple hours of your time, you're well on your way to making a fortune online. In most cases, you don't even need a website of your own or much start up funds!

People ask me all the time, "So, what do you do exactly to make such a good living?" And my answer... "I work online, from home!!!" I always get a few weird looks from them because the next question is, "How? You are always going shopping or on vacation! How much money can you possibly make?" Which is great, cus I laugh and say, "Do you mean since I've been here talking to you?!"

So is this for you, do you really want to work from home and run your own business? First of all, I need to warn you, you MUST have discipline. No one is going to do the work for you, it's up to you and only you to make sure it gets done. If you are not willing to be accountable for your own actions, you will fail. Picking my own hours, deciding how much I want to make, not having to answer to ANYONE... is all great stuff and I wouldn't trade it for anything. But I've got a business to run and no one is going to care if I don't do it... so it's up to me to make sure it's done right. Yet, I don't look at it as work at all... when I receive these fat checks in the mail, I want to stay on the computer all night! It's amazing how much money can motivate you when you're getting paid what you're worth.

So what do I do? To keep it short and simple, I am an online marketer. The search engines are my best friends, and it's a win-win situation for everyone involved. People come online everyday with needs, my job is to help them find what they are looking for. Sure, I worked 8... 10... even 12 hours at a time in the beginning and sometimes still do... you will also. Not because you have to though, but because you'll want to. Why? Simple! Because while you're asleep at night or parting til the sun comes up or on your dream vacation, your computer will still be at work making you money. Now tell me that doesn't sound like your kind of "job"! If I can do it, so can you... here's to your success!

Sincerely,

-David Moore
http://www.bestecash.com/?jaxxyucca.top5

9.5.08

Mempercepat Akses Speedy

Saat anda browsing atau membuka suatu website di internet entah dari warung internet ataupun dari rumah, mungkin anda sering mengeluh akan lambatnya akses untuk menampilkan website tersebut. Padahal akses internet di Indonesia sekarang ini masih terhitung mahal. Sebenarnya ada cara-cara mudah untuk meningkatkan kecepatan akses internat anda tanpa harus membayar biaya lebih mahal. Beberapa diantaranya adalah dengan menyetting browser kita, menggunakan openDNS, dan menggunakan Google Web Accelerator.
Untuk menerapkan trik-trik tersebut sangat mudah. Cara pertama yaitu menyetting browser dapat dilakukan oleh pengguna Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Bagi pengguna Internet Explorer klik menu [Tools] [Internet Option], klik tab [General]. Pada opsi “Temperory Internet files”, klik [Settings] lalu Geser slider-nya. Hal itu untuk membuat cache (lokasi penyimpanan sementara) untuk web yang anda buka, sebaliknya disediakan sekitar 5% dari Hard disk.

Bagi pengguna Mozilla Firefox anda dapat mengetikkan “about:config” pada address bar,. setelah itu ubah “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy pipelining” menjadi “true”, serta isi “network.http.pipelining.maxrequests” antara 30 –100 ( semakin besar semakin cepat ). Yang terakhir klik kanan dimana saja dan pilih New->Integer , tuliskan “nglayout.initialpaint.delay” lalu isi dengan 0.
Untuk trik kedua, pertama anda harus mendaftar di www.openDNS.com . Setelah itu masuk ke Control Panel dari start menu, pilih network connections lalu pilih koneksi anda dan klik tombol properties. Pada bagian Internet protokol anda bisa pilih TCP/IP dan klik properties. Masukkan angka 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 pada opsi DNS dan restart komputer anda.
Setelah melakukan 2 tips di atas sekarang anda pasti akan mendapat kecepatan akses yang lebih kencang. Bagi yang masih belum puas dengan kecepatan aksesnya sekarang dapat menggunakan trik yang ke tiga yaitu Google Web Accelerator. Google Web Accelerator di desain khusus untuk mempercepat akses internet anda, khususnya anda yang menggunakan koneksi broadband (pita lebar) seperti Cable dan DSL. Untuk anda yang menggunakan koneksi lain seperti Dial-up (Telkomnet Instant atau Speedy) maupun satelit atau wave, Google Web Accelerator juga dapat mempercepat aksesnya.
Untuk memakai Google Web Accelerator anda harus memenuhi kriteria antara lain Operating System anda harus Windows XP atau Windows 2000 dan browser anda harus Internet Explorer 5.5+ atau Mozilla Firefox 1.0+. Kalau untuk browser lainnya sebenarnya juga bisa, tetapi anda harus meng-konfigurasi proxy settings dari browser anda dengan menambah 127.0.0.1:9100 pada HTTP. Setelah anda melakukan instalasi, Google Web Accelerator akan menampilkan icon kecil di atas browser anda dan icon tray di pojok bawah layar komputer. Anda dapat mengunduh Google Web Accelerator di http://webaccelerator.google.com

8.5.08

100 TIPS & TRIK BERINTERNET CEPAT, HEMAT WAKTU & BIAYA

Untuk anda, kami suguhkan 100 trik agar berinternet semakin asyik. Hanya sedikit utak-atik dan penyetalan di beberapa hal (koneksi, browser, e-mail client, security, download, manager, messenger, dan aplikasi pendukung laninya), mesin internet anda akan terasa kian andal.

Koneksi

1. Berhemat Dengan Sesekali Offline

Untuk menghemat biaya koneksi, dan juga menyiagakan saluran telepon untuk keperluan lain, klik [File][work offline]. Internat Explorer akan memutuskan koneksi, dan anda bisa bekerja dengan page yang tersimpan di cache. Saat mengklik link, akan muncul opsi untuk terkoneksi kembali. Sangat efektif saat downline dan subcribe.

2. Putuskan Modem Saat Istirahat

Pada saat modem tidak dipergunakan, terlebih dalam jangka lama, sebaiknya anda cabut kabel-kabel yang terhubung ke PC. Ini salah satu upaya untuk menghindari PC dari sambaran petir. Tidak ada jaminan100 %, meski modem anda berembel-embel “antipetir”.

3. Menyegarkan Kembali Modem

Saat koneksi internet terasa lambat, cobalah untuk me-reboot modem, khususnya jika anda meninggalkannya agak lama. Matikan komputer, cabut modem (Eksternal), lalu colokkan kembali.

4. Setel kecepatan Maksimal Modem

Agar bisa mendapat kecepatan optimal sesuaikan setelan modem anda. Di jendela Control Panel, klik- dobel [Phone And Modem Options]. Klik tab [Modems], pilih modem yang sesuai, laLu klik [properties]. Di tab [Modem] pada bagian maximum port speed, ganti kecepatan sampai ke maksimal.

5. Mendongkrak Kinerja IE

Jika Anda tidak menggunakan proxy server, Anda bisa mempersingkat waktu browser Internet Explorer saat loading, klik [Tools][Internet Options….] Masuk ke tab [Connections], klik tombol [LAN….settings], lalu hilangkan tanpa centang pada [Automatically detect settings].

6. Membatasi Akses Internet

Agar internat tidak digunakan tanpa izin buatlah dua akun (account) login Windows, salah satunya “limited”. Sekarang, login dengan akun administrator, klik-kanan [network & internet connections], lalu [create shortcut], letakkan di desktop.klik dobel ikon shortcut tersebut, klik-kanan koneksi yang anda gunakan, dan pilih [Disable]. Untuk memakainya lagi, sambungakan dengan memilih [Connect].

7. Selau Cek Nomor Dial-up

Secara berkala, cek dan ganti nomor dial-up Anda. Di browser klik [options][Internat Options……..] klik tab [connections], klik dobel koneksi internet yang anda gunakan lalu [properties]. Di bawah “phone number” ada nomor yang saat ini digunakan. Seleksi dan ketikkan gantinya. Tombol [Alternates] akan menambahkan nomor lokal lain, yang berfungsi saat nomor utama sibuk.

8. Manfaat Proxy ISP

Penggunaan proxy server dari ISP pada jaringan anda bisa mempercepat akses. Coba tanyakanlah ketersediaan layanan tersebut ke ISP langganan anda. Jika tersedia, klik [options] [internet options…..]. Di tab [Connections], klik [Lan Settings….]. Centangi [Use a proxy server for your LAN].

9. Perhatikan Hard Disk

Di luar masalah daya tampung yang makin sesak, kemanapunbaca/tulis hard disk yang sudah tua pun biasanya melambat. Hal ini tentu berpengaruh terhadap proses caching alias proses penyimpanan data sementara internet, sehingga menghambat kelancarannya. Penggunaan hard disk baru akan lebih baik.

10. Matikan Layanan Otomatis

Layanan yang berjalan otomatis tentu menghambat kelancaran akses internet. Anda bisa mematikannya. Klik [Start][Run], tuliskan services.msc, lalu [Enter]. Pada daftar layanan, klik-dobel item berjenis “Automatic”, ganti dengan “Disable”.

-Admin Speedy-

7.5.08

Trik untuk meningkatkan kecepatan internet

Secara default Windows (Win XP Pro dan 2000) sebenarnya juga mengurangi bandtwith kita sebesar 20%, 20% ini digunakan window untuk mendownload update untuk window. Berikut langkah untuk menghilangkan pengurangan bandwidth tersebut :

Klik Start->Run->ketik"gpedit.msc" (tanpa tanda ") Ini akan memunculkan tampilan "Windows Policy". Kemudian masuk ke : Local Computer Policy–>Computer Configuration–>Administrative Templates–>Network–>QOS Packet Scheduler kemudian di tampilan kanan pilih "Limit Reservable Bandwidth", disitu tertulis "Not Configured" -> doubel klik (ada tampilan baru, "Limit reservable bandwidth Properties").

Jika ingin tahu keterangannya buka di bagian "Explain". Di situ tertulis keterangan windows secara default menggunakan 20% bandwidth kita. Kembali ke "Setting" dan pilih "Enabled" lalu ganti 20 % menjadi 0%.

Mereset Printer Canon IP1000

Ketika saya akan mengeprint hasil pekerjaan saya tiba-tiba muncul pesan Waste Ink Absorber Full, tentu saja saya bingung akan tetapi setelah searching di Google maka saya dapat menarik kesimpulan bahwa printer saya Canon IP1000 perlu di reset.

Printer memang suatu saat perlu untuk di reset dan untuk meresetnya berikut caranya.

Reset Hardware :

1. Lepas kabel power printer dan kabel usb printer.
2. Buka penutup depan printer kemudian tekan terus tombol power.
3. Tancapkan lagi kabel power printer.
4. Tutup penutup depan printer dan kemudian lepas tombol power.


Kemudian berlanjut ke langkah berikut ini menggunakan bantuan software untuk mereset software :

1. Tancapkan kabel usb printer.
2. Hidupkan printer.
3. Eksekusi software kemudian pilih usb port printer.
4. Kemudian pilih pada EEPROM CLEAR.
5. Sediakan kertas kosong untuk test print. Lalu Klik tombol TEST PATTERN 1.

Untuk softwarenya dapat anda download di sini.

Berikut ini juga metode yang bisa anda pakai untuk mereset hardware printer canon IP1000 :

1. Lepaskan Kabel POWER.
2. Tekan dan Tahan tombol POWER.
3. Tancapkan kabel POWER.
4. Lepaskan tombol POWER
5. Nyalakan printer anda seperti biasa.
6. Kemudian lanjutkan dengan mereset dengan bantuan software (lihat cara mereset dengan bantuan software di atas).


Akses Web Server Menggunakan Modem ADSL

Jika anda berlangganan internet menggunakan Telkom Speedy maka koneksi internet anda tidak akan secara langsung atau bisa dikatakan IP pada komputer anda di dapat secara DHCP dari modem router yang anda gunakan sedangkan IP yang sesungguhnya di dapat dari DHCP Telkom terletak di modem router anda sehingga jika anda menjalankan Web Server di komputer anda dan anda menginginkan agar website di Web Server anda dapat di akses dari luar maka hal ini menjadi tidak mungkin dikarenakan IP pada komputer anda adalah IP private.

Agar Web Server anda dapat di akses dari luar maka salah satu caranya menggunakan Port Fowarding. Sebenarnya bisa menggunakan PPPoE akan tetapi ketika saya coba kadang berhasil dan kadang gagal maka saya memutuskan untuk meninggalkan cara tersebut. Pada modem ADSL Shiro DSL805EU terdapat fungsi Port Fowarding dan terletak pada Application -> Port Fowarding dan cara mensetting fungsi ini adalah sebagai berikut :

1. Pada kategori pilih Server.
2. Pada available rules klik web server.
3. Kemudian klik tombol add maka nama web server akan muncul di kolom applied rules.
4. Kemudian klik tombol submit.

Langkah di atas harus anda lakukan setiap anda linux di komputer anda restart. Jika langkah di atas telah anda lakukan maka Web Server di komputer anda sekarang bisa di akses dari luar. Percobaan di atas saya lakukan di distro linux Mandriva 2007.
Sumber : http://goedangilmu.chat2konco.com/

Mematikan Komputer Secara Otomatis Di Win XP

Ketika saya mendownload file yang sangat besar maka menunggu adalah waktu yang menyebalkan, mengapa saya harus tunggui dikarenakan begitu download tersebut selesai maka komputer wajib saya matikan biar awet gitu akan tetapi dikarenakan saya mendownload ketika tengah malam atau dini hari maka tidak mungkin saya tunggui akhirnya saya temukan solusinya yaitu menggunakan perintah auto shutdown milik window. Berikut ini contoh penggunaannya.

Kita dapat mematikan komputer kita secara otomatis dengan perintah bawaan windows yaitu dengan perintah shutdown -f -s -t 600

* -f : untuk memaksa komputer menutup aplikasi yang hang di komputer.
* -s : untuk mematikan komputer.
* -t xxx : delay yang dibutuhkan komputer sebelum komputer melakukan shutdown (dalam detik).

Eksekusi perintah diatas pada menu Run di Windows XP. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan ketikkan shutdown /? pada command prompt.

Cara Merawat Monitor

Tips-tips di bawah ini mungkin bisa Anda coba.

# Mencabut kabel power supply komputer atau monitor dari stop kontak
Jangan lupa, apabila kita sudah selesai menggunakan komputer, segera matikan tombol on/off monitor dan cabut juga kabel yang menghubungkan komputer atau monitor dengan stop kontak. Dengan demikian, tidak ada lagi aliran listrik yang akan masuk ke komputer kita.


# Mematikan monitor ketika komputer sedang idle
Kadang kala, kita sedang men-defragmentasi file-file di hardisk. Dari pada menunggu proses defragmentasi itu selesai, lebih baik kita jalan-jalan sebentar sekitar 30 menit dan matikan pula monitor Anda.

# Monitor yang berada di ruangan ber-AC
Bagi kita yang menggunakan komputer di dalam ruangan yang ber-AC, sungguh beruntung, karena AC dapat mendinginkan komponen-komponen elektronik di komputer maupun monitor. Tetapi, perlu dilihat, apakah posisi monitor Anda tepat berada di bawah AC? Bila ya, jangan sampai ada tetesan air AC yang menetes ke monitor. Awas, bisa terjadi hubungan arus pendek jika terkena air.


# Monitor yang berada di ruangan TIDAK ber-AC
Pastikan bahwa ruangan tersebut mempunyai aliran udara, seperti jendela atau lubang angin yang mencukupi. Boleh juga menambahkan kipas kecil di atas monitor supaya udara panas segera keluar dari perangkat monitor kit.


# Bersihkan monitor seminggu sekali
Cukup dengan kemoceng, kita kipas-kipaskan untuk membersihkan debu-debu yang menempel. Apabila punya waktu luang, bersihkan dengan kain dan pembersih khusus perangkat komputer. (Sumber: http://rovinsmart.wordpress.com/2008/01/31/cara-merawat-monitor-pc/)

Cara Mengatasi Komputer Lambat...?

Kita sering mengeluhkan computer kita lambat, terbersit pikiran kalau computer yang kita gunakan sudah tidak layak pakai dengan jamannya. Pikiran berikutnya, mari menabung untuk membeli computer baru…Membeli computer baru belum tentu menjadi solusi yang terbaik kalau saja kita tidak mengubah cara kita memperlakukan computer. Bila memiliki dana terbatas apalagi tidak memungkinkan untuk membeli computer baru, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan.

Menggunakan system operasi yang sesuai dengan spesifikasi computer. Bila masih menggunakan Pentium III, hindarkan penggunaan system operasi Windows XP yang boros memori. Gunakan system operasi Windows yang sesuai dengan jamannya. Windows 98 merupakan salah satu system operasi yang bandel dan dapat digunakan mulai dari Pentium I, hanya saja kita harus selalu menyediakan driver-driver untuk penambahan hardware dan aksesori.Tidak harus mengunakan aplikasi/program versi terakhir kalau kita masih bisa menggunakan versi sebelumnya yang lebih cocok, lagipula fitur yang digunakan tidak jauh berbeda. Kalau masih bisa dengan Microsoft Office versi lama kenapa harus menggunakan Microsoft Office 2007.

Gunakan antivirus sesuai kemampuan speed computer yang kita miliki. Norton Antivirus termasuk antivirus yang membebani kinerja computer. Disamping itu komputer menjadi lambat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :
1. Virus
2. Spyware
3. Adware
4. Hardisk yang terlalu penuh
5. Spesifikasi computer
Kesimpulannya sesuaikan keadaan komputer dengan software yang di sarankan.


Tips Cara Meningkatkan Performa Komputer Anda

Tidak ada salahnya menggunakan komputer apa adanya. Tentu saja, ada risikonya. Misalnya, komputer kian hari kian lambat. Padahal perawatan sudah dijalankan. Baik meng-update driver, menghapus file sampah, dan beragam perawatan rutin lain.

Atau mungkin komputer berjalan stabil, namun suara yang ditimbulkannya sangat mengganggu. Masalah burn CD kadang juga membuat jengkel. Apalagi misalnya, CD tersebut hendak digunakan pada audio di mobil.

Sebel memang jika PC tidak menuruti kemauan kita sebagai pemiliknya. Semua masalah yang mungkin timbul seperti di atas disebabkan PC yang liar. Seperti kuda dari padang rumput, sebelum digunakan harus dijinakkan terlebih dahulu. Agar kita terhindar dari ketidaknyamanan menungganginya.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menanggulangi berbagai permasalahan saat menggunakan PC, baik di rumah maupun di tempat kerja. Kami juga menambahkan cara penyelamatan data e-mail. Selamat mencoba!

1. Percepat Booting dan Ringankan beban CPU
Seiring dengan waktu, lama kelamaan PC terasa makin lambat dan ‘berat’. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menanggulanginya?

* Langkah pertama mempercepat boot via BIOS. Untuk keterangan selengkapnya, Anda dapat melihatnya pada “Menguak Tabir BIOS” di PC Media 04/2004 yang lalu.
* Selanjutnya mulai ke area operating system. Untuk Windows XP, mulai dengan membuka System Configuration Utility. Pada tab BOOT.INI, beri tanda (P) pada “/NOGUIBOOT”. Ini akan mempersingkat waktu boot dengan menghilangkan Windows startup screen. Pada tab Startup, seleksi ulang seminimal mungkin item yang sangat dibutuhkan. Hal yang sama juga dilakukan pada service yang dijalankan. Usahakan jumlah service yang ter-load tidak lebih dari 25.
* Windows XP memang tampak begitu memukau pada tampilannya. Jika kebutuhan utama Anda adalah kecepatan dan bukan keindahan, setting ulang interface ini dapat menambah kecepatan. Masuk ke System Properties, pilih tab Advanced. Setting ulang pada pilihan Performance. Kemudian pilih “Adjust for Best Performance” pada tab Visual Effects.
* Menghilangkan wallpaper dan minimalisasi jumlah desktop icon juga dapat mempercepat PC Anda. Kurangi jumlah desktop icon sampai maksimal lima buah.
* Menghilangkan bunyi pada event Start Windows juga akan mempercepat proses boot. Mau lebih cepat lagi? Pilih “No Sounds” pada sound scheme.
* Berapa jumlah font yang terinstal pada Windows Anda? Makin banyak jumlah font yang terinstal akan menambah berat beban kerja PC Anda. Windows secara default menyertakan sejumlah kurang dari 100 font. Usahakan jumlah font yang terinstal pada kisaran 150 font.
* Anda rajin meng-update driver? Bagus. Namun tahukah Anda, file-file yang digunakan driver lama Anda dapat memperlambat PC. Cara paling mudah menggunakan utility tambahan seperti Driver Cleaner. Utility ini membersihkan driver nVidia dan ATI terdahulu. Driver Cleaner 3.0, juga dapat membersihkan driver lama beberapa chipset motherboard, sound card, dan lain-lain.

2. Overclock
Ini bagian yang paling menarik. Pada bagian ini kami akan memandu overclocking, dengan mengandalkan beberapa software yang bisa di-download gratis dari internet.

Overclock Video Card
Overclocking pada video card, relatif mudah apalagi dengan Powerstrip.

* Anda bisa menggunakan Powerstrip dengan men-download dari www.entechtaiwan.net.
* Atur konfigurasi dari Performace profile, dengan klik kanan di tray icon.
* Anda akan melihat dua buah vertical slider. Slider kiri, control untuk core speed video card. Slider kanan merupakan control dari kecepatan memory video card.
* Tambahkan core speed video card secara bertahap (maksimal 2 Mhz). Lakukan tes stabilitas dengan memainkan game 3D atau menjalankan benchmark. Ulangi hal tersebut sampai core speed maksimal dari video card. Lakukan hal yang sama untuk memory clock. Kini Anda bisa menikmati frame rates baru yang lebih cepat secara gratis.

Overclock Motheboard
Untuk melakukan overclock terhadap motherboard sedikit berbeda. Anda harus menyesuaikan aplikasi sesuai dengan chipset motherboard. Di sini kami mengambil contoh overclocking dua buah motherboard. Pertama adalah motherboard dengan chipset nForce2.

* Untuk motherboard dengan chipset nVidia, Anda bisa memanfaatkan aplikasi NV system utilities dari www.nvidia.com.
* Pada aplikasi ini, tinggal menggeser slider kearah kanan pada bagian Bus speeds. Ini akan menyesuaikan clock FSB juga memory bus. Untuk AGP bus, tersedia pada slider yang terpisah.
* Tersedia juga setting untuk memory control timing. Setting memory yang lebih agresif akan menguntungkan untuk sistem AMD.
* Sama seperti pada video card, Anda harus menambahkan secara bertahap FSB dan AGP bus. Jalankan tes stabilitas. Setelah selesai, Anda bisa mengakhiri dengan mengklik tombol (OK). Catatan: ketika OC yang Anda lakukan tidak sesuai, maka komputer akan otomatis hang dan terpaksa me-restart komputer.

Motherboard kedua adalah Intel D875PBZ. Menggunakan Intel Desktop Control Center, sayangnya utiliti ini hanya berjalan pada motherboard keluaran Intel.

* Untuk melakukan OC, Anda bisa melakukannya dengan otomatis.
* Bisa juga secara manual. Pada menu Tune yang terdapat di bagian atas, pilih option Burn-in, enable burn-in mode.
* Terdapat Host I/O mode dan AGP/PCI mode. Pada Host I/O mode, OC dilakukan berdasarkan persentase hingga 4 %. Sedangkan pada AGP/PCI mode, menaikkan bus clock AGP yang otomatis akan meningkatkan clock PCI.
* Setelah melakukan penambahan, Anda bisa mengukur stabilitas. Dengan melakukan stress-it pada bagian kiri bawah aplikasi yang bertanda centang.

3. Upgrade Processor
Sebelum membeli sebuah processor baru, pastikan bahwa motherboard yang Anda miliki mampu mendukung calon processor baru Anda (lihat tabel “Chipset dan Processor Support”). Selain itu, pastikan juga maksimum FSB untuk processor yang mampu didukung motherboard Anda. Hal ini juga berhubungan banyak dengan chipset yang digunakan pada motherboard Anda.

Sebagai contoh untuk processor Intel. Chipset Intel seri 845 hanya memiliki bus maksimal 533 MHz. Berbeda dengan chipset Intel 848 ataupun 875P yang sudah mampu bekerja dengan processor dengan bus 800 MHz.

Hal ini juga berlaku untuk processor AMD. Seperti VIA KT400 yang belum bisa bekerja dengan bus processor 400 MHz. Berbeda dengan KT600 yang sudah mampu bekerja pada bus processor 400 MHz.

Ada baiknya juga untuk memastikan produsen motherboard yang Anda gunakan menyediakan update BIOS pada situsnya. Terutama update BIOS untuk kecepatan processor yang terbaru. Update BIOS diperlukan sekiranya BIOS lama motherboard Anda belum mendukung (biasanya) multiplier processor terbaru.

4. Cara mudah Ripping CD
Walaupun Anda sudah menggunakan aplikasi dan metode yang lain sebagai andalan untuk melakukan ripping CD Audio, namun tidak ada salahnya mencoba alternatif lain. Siapa tahu hasilnya akan jauh lebih baik dari yang selama ini Anda lakukan. Lagipula, software yang kami tawarkan di sini dapat Anda gunakan secara gratis.

Jika Anda ingin memiliki kumpulan MP3 music dengan kualitas yang baik kami memberikan beberapa buah tip. Di mana kunci utamanya terletak pada tiga buah komponen, yaitu:

* Sebuah program ripping yang tidak akan mengizinkan ekstraksi yang buruk dihasilkan. Artinya Anda tidak perlu mencek ulang satu per satu file hasil ripping yang dihasilkan secara manual.
* MP3 encoder yang baik dan mampu menghasilkan data audio dengan kualitas yang baik dengan kompresi file audio yang juga baik.
* Proses audio ripping nya sendiri yang cukup mudah untuk dilakukan.

Dengan proses yang terbilang sederhana, Anda akan mampu melakukan proses ripping dengan menggunakan LAME encoder. Termasuk juga cara mengatur nama, nomor, dan tag dari semua track yang ada dengan mudah.

Download EAC dan LAME Encoder
Yang akan digunakan di sini adalah sebuah software yang cukup mengesankan. Yaitu Exact Audio Copy (EAC), download aplikasi tersebut pada www.exactaudiocopy.de.

Tidak seperti aplikasi ripping lainnya, EAC dapat melakukan pemeriksaan ulang terhadap setiap bit data dengan source data. Tujuannya untuk memperoleh tingkat akurasi tinggi yang mampu mendekati CD Audio aslinya. Jika aplikasi tersebut menemukan perbedaan, maka aplikasi tersebut akan melakukan ripping ulang dan sekali lagi jika diperlukan.

Tentunya hal tersebut akan memperlambat proses ripping itu sendiri. Tapi dengan melihat dari hasil yang didapat, hal tersebut bukan lagi sebuah masalah. Perlu diingat, proses ripping ulang hanya akan dilakukan jika terjadi perbedaan. Bisa disebabkan karena CD yang tergores, ataupun adanya copy protection pada CD yang bersangkutan.

Anda juga akan memerlukan LAME Encoder, di mana encoder tersebut telah dikenal cukup lama sebagai MP3 encoder terbaik yang pernah ada. Hingga saat ini versi terbarunya adalah Lame 3.95.1. Anda dapat men-download-nya di http://mitiok.cjb.net. Setelah Anda mendapatkan kedua aplikasi tersebut, lakukan proses Unzip dan simpan ke dalam satu folder yang sama. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pencarian saat pertama kali menggunakan aplikasi EAC tersebut.

Konfigurasi EAC
Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan saat hendak menggunakan EAC. Hanya ada beberapa hal yang perlu dikonfigurasi ulang, namun penting untuk dilakukan.

1. Pada saat kali pertama menggunakan aplikasi, EAC akan melakukan proses initial drive test. Pilih Optimization untuk “accurate results”. Jika Anda memiliki lebih dari satu buah optical drive, maka EAC akan memilih drive yang terbaik sebagai drive default-nya. Tetapi Anda bisa saja mengubahnya. EAC juga akan melakukan konfigurasi LAME. EAC akan memulainya dengan mencoba mencari LAME pada drive Anda. Akan lebih mudah jika Anda memberikan letak folder dari LAME secara manual. Kemudian pilih “standard” untuk LAME setting. Terakhir pilihlah Expert interface option, di sinilah kekuatan EAC ini. Karena pada option inilah Anda dapat memaksimalkan kerja aplikasi tersebut.
2. Pilih EAC|EAC Options Menu|General dan berikan tanda centang (P) pada “On Unknown CDs”. Kemudian klik pada bagian “Automaticaly access online freedb database”, jika PC Anda terhubung dengan internet. Jika Anda bertanya untuk apa? Ini adalah untuk menyinkronisasikan data album CD (nama artis, judul album, dan judul lagu) dari database yang tersedia di Internet. Tetapi jika PC tidak terhubung pada internet atau database dari CD Anda tidak tersedia, Anda terpaksa mengisi tag info masing-masing lagu secara manual.
3. Masih dari menu tersebut pilih pada bagian Filename. Pada bagian Naming scheme tuliskan %A\%C\%N - %T. Hal tersebut akan berpengaruh pada letak folder dari file hasil ekstrak data yang Anda lakukan. Dimulai dari nama artist (%A), nama album (%C), nomor track (%N), dan terakhir judul lagu (%T). Seperti pada contoh ini: BonJovi> TheseDays>01-Diamond.mp3
4. Pilih directories masih dari menu yang sama. Pilih pada bagian “Use this directory” dengan begitu EAC akan secara otomatis memasukkan hasil ekstrak ke dalam direktori yang telah Anda berikan tersebut.
5. Masuk pada menu EAC|Drive Options. Kemudian berikan tanda pada “Drive is capable of retrieving C2 error information”. Hal ini untuk lebih memaksimalkan kemampuan drive optik Anda untuk keperluan ripping ini. Biasanya secara default option ini sudah di-enable oleh EAC. Tetapi jika setelah melakukan ripping ternyata Anda menemui noise-noise yang terdengar dalam tempo yang konstan, disable option ini. Biasanya hal ini akan mengatasi masalah tersebut.
6. Masuk pada menu EAC|Compression Options menu. Pilih pada bagian External Compression dan pastikan LAME MP3 Encoder ditampilkan pada bagian “Parameter passing scheme”. Jika belum ditampilkan, lakukan pemilihan secara manual.
7. Masih pada menu yang sama, masuk pada bagian “Bit Rate” dan pilihlah Variable Bitrate menjadi 192 Kbps. Tetapi jika komputer Anda tidak mampu melakukan sampling hingga 192 Kbps, 128 Kbps kiranya sudah cukup baik.
8. Masuk pada bagian EAC|freedb options dan konfirmasikan alamat e-mail Anda. Tetapi sekali lagi, jika Anda tidak terhubung ke internet hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Mulai Pengoperasian
Sekarang Anda sudah siap mengoperasikan EAC dan mulai melakukan proses ripping. Masukkan CD audio yang Anda miliki dan klik pada bagian MP3 yang terletak di sebelah kiri atas. Setelah selesai melakukan ripping, cobalah periksa hasil ripping. Apabila tidak terdengar apapun, berarti ada kesalahan, lakukan pemeriksaan terhadap setting yang telah ditentukan tadi. Jika ternyata setting-nya sudah benar, cobalah lakukan download ASPI layer yang bisa didapat dari ftp://ftp6.nero.com/wnaspi32.dll. Karena Anda tidak akan bisa melakukan ripping tanpa adanya ASPI layer dalam sistem komputer Anda. Letakkan file tersebut pada direktori yang sama dengan EAC dan LAME tadi. Ulangi proses ripping sekali lagi.

Jika Anda menemui kesulitan, cobalah masuk pada situs www.chrismyden.com dan klik pada bagian “Elite DAE”, di mana terdapat forum yang menyediakan jawaban dari berbagai macam pertanyaan yang ada.

5. Burning CD dengan Sempurna
Untuk mendapatkan hasil burning CD yang sempurna bukan lah hal yang mudah. Di sini ada beberapa tip mudah untuk memperbaiki hasil burning CD.

* Saat burning CD audio, proses burning sebaiknya dilakukan pada maksimal kecepatan 24x. Jika CD ditujukan untuk disetel di CD player pada sistem car audio sebaiknya pada kecepatan maksimal 4x. Hal ini untuk menghindari masalah kompatibilitas dengan CD player dan sistem error correction yang terdapat pada CD audio (terutama untuk sistem car audio). Proses burning akan lebih lama, tapi hasilnya lebih terjamin.
* ‘Finalize’ CD hasil burning. Hal ini juga berkaitan dengan kompatibilitas untuk kebanyakan CD player.
* Gunakan media CD yang berkualitas. Salah satu caranya dengan mengandalkan media dari merk terkenal. Atau Anda dapat memilihnya dari review yang ada di media cetak maupun internet.
* Selalu gunakan mode Disc-at-Once (daripada Track-at-Once). Multisession punya tingat kompatibilitas yang lebih rendah dibandingkan dengan single session.
* Jika Anda membuat sebuah CD “mix”, pastikan untuk menormalkan level volume pada setiap track. Beberapa software burning menyediakan fasilitas ini. Atau Anda dapat melakukannya sendiri (dengan hasil yg lebih baik) menggunakan MP3Gain, yang bisa di-download di www.geocities.com/mp3gain.

6. Ssstttt...jangan berisik!
Suara lantunan MP3 koleksi Anda memang enak didengar. Mendengar deru mobil dari adegan pada film, desingan tembakan dari game pada PC Anda menambah seru suasana. Namun dengungan suara yang dihasilkan PC Anda, bukanlah hal yang menyenangkan untuk didengar. Apalagi jika Anda termasuk orang yang jarang mematikan PC, meskipun tertidur. Bisa-bisa mimpi Anda menjadi mimpi buruk didatangi lebah berukuran raksasa karena mendengar dengungan yang dibuat oleh PC Anda. Bagaimana cara memberantasnya? Komponen apa saja pada PC yang berisik?

Optimalkan pendingin PC Anda
Fan memang menjadi senjata utama kebanyakan PC untuk mengusir panas dari komponen. Namun, fan ini juga yang sekaligus menjadi biang kerok keributan yang menghasilkan dengungan konstan pada PC Anda. Coba hitung saja total fan yang terpasang pada PC Anda. Satu pada HSF (heatsink fan) processor, satu terintegrasi pada power supply. Belum lagi jika motherboard dilengkapi dengan HSF pada chipset, HSF GPU (graphic processor unit) pada video card. Anda yang mengutamakan kesejukan pada casing PC Anda kebanyakan menambahkan mulai dari 1 buah fan sampai dengan 2-4 fan tambahan untuk memastikan aliran udara pada casing. Belum lagi yang senang memanjakan harddsik (apalagi yang memiliki RPM tinggi), kadang menambahkan harddisk cooler yang artinya fan tambahan lagi.

Jika Anda sedang mencari fan tambahan, usahakan mencari fan yang berkualitas dengan tingkat kebisingan rendah. Fan yang baik tidak banyak menghasilkan getaran saat beroperasi. Fan berdiameter besar mempunyai kecenderungan menghasilkan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Jadi jika casing Anda memungkinkan, pilih fan berukuran 120 mm daripada fan 80 mm.

Jika Anda terlanjur memiliki fan yang banyak, coba pastikan mana yang paling tepat guna untuk casing Anda. Caranya cukup mudah. Bermodalkan program monitoring hardware, seperti Motherboard Monitor. Utiliti ini memiliki tampilan display (yang disebut Dashboard) yang sangat mudah dibaca. Bahkan tersedia juga log hasil pembacaan dalam rentang waktu tertentu. Untuk memonitor suhu harddisk, bisa memanfaatkan HDD Thermometer 1.0.

Cari kombinasi fan yang paling tepat dengan tingkat pendinginan yang paling optimal. Coba jalankan PC dengan load penuh (sambil bermain game atau menjalankan aplikasi yang berat) selama tidak kurang dari 15 menit. Lihat suhu maksimal yang tercatat pada Motherboard Monitor. Bandingkan nilainya dengan kombinasi fan tambahan yang lain. Pilih yang mana menurut Anda paling baik antara jumlah fan dengan tingkat kebisingan yang dihasilkan, menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Jika ada fan yang tersisa, jadikan saja sebagai cadangan jika ada fan yang mengalami kerusakan.

Catatan dari kami: usah gelisah jika suhu processor Anda tidak pernah mencapai kisaran 50ÂșC.

Ngebut berarti maut berlaku di jalanan. Namun pada PC Anda, ngebut berarti tambahan kebisingan. Terutama untuk drive optik dan harddisk Anda. Tidak berarti Anda harus bertoleransi dengan lambatnya PC Anda. Hanya saja aturlah kecepatan PC Anda sesuai dengan kebutuhan.

Untuk drive optik, caranya cukup mudah. Cukup mengandalkan software Nero DriveSpeed 2.0. Atur kecepatan pada kisaran 24–32x. Anda bahkan dapat mengatur lama waktu sebelum drive optik Anda spin down. Saat membutuhkan kecepatan tinggi pada drive optik Anda, tinggal mengembalikan setting pada kecepatan maksimal. Hal ini akan dibutuhkan saat drive optik digunakan untuk proses ripping atau meng-copy file dari CD/DVD.

Begitu juga untuk harddisk Anda. Sayangnya, hal ini tidak berlaku di semua merk harddisk. Sebagai contoh, seperti untuk harddisk Maxtor dengan AMSET utilitinya, ataupun harddisk IBM-Hitachi dengan Feature Tool. Sesuaikan setting dengan tingkat kebisingan sesuai keinginan Anda.

Lain-lain
Suara berisik dari komputer Anda juga dapat terjadi karena getaran yang dihasilkan. Fan dengan kualitas yang buruk dapat menjadi salah satu penyebabnya. Usahakan untuk mendapatkan fan dengan getaran yang minimal. Sekrup yang tidak terpasang dengan baik juga menyebabkan suara getaran. Yang ini cukup dengan mengencangkan sekrup-sekrup yang terpasang pada PC Anda.

Watercooling
Jika Anda benar-benar muak dengan dengungan bising dari PC Anda, saatnya beralih ke alternatif pendinginan yang lain. Metode watercooling bisa dijadikan pilihan alternatif.

Teknik watercooling secara singkat dapat dianalogikan dengan pendinginan kendaraan bermotor menggunakan pendingin radiator. Watercooling memanfaatkan air untuk mendinginkan panas yang dihasilkan komponen PC, terutama processor. Biasanya terdiri dari tiga bagian utama, water block, copper radiator, dan water pump. Proses pendinginan air sebagai media pendinginan dilakukan pada copper radiator, sedangkan sirkulasi air memanfaatkan water pump. Water block ditempelkan ke processor untuk mengusir panas yang dihasilkan.

Keuntungannya, tingkat kebisingan yang dihasilkan sangat rendah. Fan pada radiator bekerja pada RPM yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak bising. Water pump juga tidak bising, hal ini disebabkan karena memanfaatkan air untuk meredam suara yang dihasilkan. Solusi yang cocok untuk yang mencari CPU cooling yang efisien dengan tingkat kebisingan yang rendah.

Perlu diperhatikan adalah kemungkinan bocor yang dapat terjadi jika menggunakan metode watercooling ini. Selain itu, harganya yang masih relatif lebih mahal dibandingkan dengan HSF menjadikan metode pendinginan watercooling bukanlah pilihan untuk kebanyakan pengguna komputer.

7. Perbaiki Aliran Udara dalam Casing
Layaknya sebuah rumah, casing komputer membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Tujuannya membantu agar udara di dalam casing tidak terlalu panas.

* Rapikan kabel dalam casing. Kabel berantakan akan menghambat aliran udara dalam casing. Mengikat, salah satu cara paling efektif untuk merapikan kabel. Gabungkan kabel dan ikat dengan plastik strap atau kawat pengikat. Usahakan tidak mengikatnya dengan karet gelang. Suhu panas casing akan membuat karet gelang mengalami deformasi plastik dan akhirnya putus.
* Untuk kabel IDE dan FDD yang bisa Anda lakukan adalah menggantinya dengan round cable. Kabel IDE round cable sedikit banyak memperkecil penampang hambatan udara dalam casing Anda. Tidak tertarik untuk membelinya? Anda bisa mengakali kabel IDE konvensional Anda dengan menggulung dan mengikatnya. Bisa dengan strap ataupun kawat pengikat.
* Untuk membuat fentilasi tambahan, bisa dengan moding casing. Sayangnya, hal ini kurang menarik bagi yang tidak hobi. Alternatif lain, Anda dapat membuka slot PCI yang masih tertutup.
* Tempatkan ekstra fan exhaust pada bagian teratas casing. Logikanya, udara panas akan selalu berada di bagian teratas, sehingga fan efektif untuk mengeluarkan udara panas yang terkurung dalam casing.

8. Cara mudah membersihkan PC
Mulai dengan mencabut semua kabel yang menempel ke komputer, seperti kabel power dan monitor.

* Letakkan casing di lantai dengan dilapisi oleh kain atau karpet.
* Buka penutup casing dan gunakan kompresor angin untuk menghilangkan debu yang menempel.
* Anda juga bisa menggunakan penyedot debu, untuk memaksimalkan pembersihan.
* Bersihkan bagian luar monitor, dengan menggunakan kain bersih. Untuk layar monitor, gunakan kain yang lembut. Jika Anda menggunakan cairan pembersih, sebaiknya disemprotkan ke kain.
* Sedot debu yang menempel di keyboard dengan penyedot debu yang dilengkapi sikat.
* Untuk mouse nonoptikal, lepaskan sekrup pada bagian bawah mouse dan keluarkan bolanya. Bersihkan kotoran yang menempel pada putaran dan bolanya.
* Bersihkan bagian luar casing dengan menggunakan kain lembut dan cairan pembersih.

9. Pasang Saringan udara di casing
Hal ini untuk menjaga kebersihan casing Anda. Tentunya Anda harus memperhatikan bahan yang digunakan karena jika bahan yang digunakan tidak baik, maka Anda akan mengalami permasalahan baru yaitu saluran udara yang tersumbat.

* Anda perlu memasangnya di bagian depan intake kipas. Anda boleh saja memasang saringan pada semua kipas. Namun yang diutamakan di sini adalah pemasangan filter pada kipas yang memberikan udara masuk, di mana debu biasanya ikut masuk.
* Alternatif bahan yang murah dan gampang didapat adalah busa motherboard. Bentuknya yang tipis dan lebar, ideal untuk dimanfaatkan sebagai air filter. Potong sesuai ukuran dan tempel dengan selotip ataupun doubletape.

10. Tidak ketinggalan Berita dengan RSS Aggregator
Ada program yang dikenal dengan sebutan RSS Aggregator. Program RSS aggregator sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk melihat headline beserta link ke isi berita dari sebuah situs penyedia berita. Caranya cukup mudah.

* Gunakan RSS Aggregator. Misalnya, program i-System yang bisa diperoleh di www.feedreader.com.
* Tentukan sumber berita yang Anda inginkan. Misalnya dari Yahoo News atau Detik.Com. Namun, beberapa situs lokal cenderung memproteksi isi headline-nya. Secara default, i-System sudah menyediakan banyak link ke situs-situs yang menyediakan fasilitas RSS atau biasa disebut RSS feed. Klik icon New di toolbar. Setelah muncul sebuah kotak dialog alamat RSS, isilah dengan alamat situs sumber RSS pilihan Anda. Klik Next dan ikuti langkah-langkahnya.
* Feedreader secara otomatis akan memeriksa headline terbaru dan menampilkannya di desktop Anda. Anda juga bisa mengatur interval waktu,kapan feedreader harus memeriksa dan menampilkan headline terbaru atau refresh time. Namun, berdasarkan etika di dunia internet, ada batas waktu minimum untuk refresh RSS, yakni 90 menit.

11. Mem-back-up Data di Outlook
Betapa sedihnya jika data Outlook kita hilang begitu saja. Bisa karena Windows mengalami crash atau sebab lain di luar perkiraan sebelumnya. Untuk menanggulanginya, back-up semua folder di Outlook secara periodik. Ada beberapa tip yang perlu Anda pahami untuk mencegah data di Outlook hilang begitu saja.

* Back-up secara manual dengan menggunakan perintah Export di bawah menu File. Pilih option Export to File dari kotak dialog yang muncul. Kemudian pilih option Personal Folder File (.pst). Tentukan folder yang hendak di-back-up dan lokasi penyimpanannya sekalian. Kami sarankan untuk juga mem-back-up di CD.
* Anda juga bisa back-up data menggunakan Archive-nya Outlook. Caranya, pilih menu Tools, pilih Options. Pada kotak dialog yang terbuka, buka tab Other dan klik tombol AutoArchive. Tentukan lokasi penyimpanan yang baru dan klik OK. Pindahkan lokasi penyimpanan file-file di dalam Outlook untuk mencegah data ikut hilang bila operating system rusak. Lebih baik lagi jika tempat penyimpanannya terpisah dari partisi lokasi aslinya. Misalnya, di drive D atau selain drive C.
* Microsoft juga memiliki add-in gratis untuk back-up secara otomatis. Nama add-in ini adalah Personal Folders Backup yang bisa diperoleh di www.microsoft.com/downloads/. (sumber: majalah pc media)

Rahasia Optimal Windows XP dengan Tangan Kosong

Sistem operasi Windows XP memiliki banyak fitur dan komponen tertanam dalam sistem operasi. Tetapi beberapa fitur ternyata tidak perlu digunakan tetapi Windows XP tetap melakukan loading kedalam sistem computer.

Run Service.msc (module default Windows XP)

Windows XP melakukan loading dari module program yang lengkap dengan tujuan untuk menyamankan pemakai sistem operasi selalu siap tersedia. Sayangnya tidak semua orang membutuhkan module program yang diloading dari sistem Default WinXP. Selain memakan resource memory karena module dijalankan pertama kali ketika computer bekerja, terkadang malah membuat sistem operasi Windows menjadi sedikit lebih lambat.

Fitur module program yang tidak diperlu dapat dimatikan melalui fasilitas SERVICE.MSC.

Caranya:

Masuk ke bagian Start dan Run serta ketik “service.msc”. Selanjutnya akan muncul daftar service dari program module yang defaultnya selalu diloading oleh Windows XP. Untuk mematikan service module Windows, pada gambar kedua anda melihat pada daftar program dan STATUS. Pada daftar status, anda dapat melihat apakah program Module Windows XP selalu dijalankan ketika pertama kali Windows bekerja, atau secara otomatis bila dibutuhkan baru bekerja dan terakhir tidak dijalankan sama sekali (Disable)

Dibawah ini adalah daftar komponen Windows secara default diloading tetapi kemungkinan tidak diperlukan untuk beberapa kebutuhan (Sumber Techtree)

Computer Browser
Module ini untuk memonitor daftar dari computer yang terhubung kedalam jaringan Network. Module Computer Browser dapat dimatikan bila anda mengunakan computer dirumah tanpa terhubung dengan network / LAN.

Distributed Link Tracking Client
Module ini difungsikan untuk memonitor hubungan antar NTFS file didalam computer sendiri atau jaringn network dengan nama domain. Fungsi module ini hanya dibutuhkan bila seseorang membutuhkan link ke computer lain pada sebuah file. Tidak semua orang membutuhkan link dari dan ke computer anda untuk sebuah file dan anda dapat mematikan (Disable).

Error Reporting Service
Fungsi module Error Reporting Service adalah memberikan laporan bila Windows XP terganggu. Fungsi ini tidak berguna dan dapat di Disable.

Help and Support
Mendapatkan file support dengan menekan F1 untuk mengaktifkan. Apakah anda cukup sering melakukan dan membaca help file dari Windows ?, matikan fitur ini.

Indexing Service
Indexes contents and properties of files on local and remote computers bertujuan untuk mempercepat access ke file dengan cara antiran secara flexibel. Service ini tidak dibutuhkan.

Net Logon
Supports pass-through authentication of account logon events for computers in a domain. Bila anda terhubung dengan network dan sebuah domain. Fitur ini diperlukan, tetapi bila anda hanya mengunakan computer sendiri saja dan tidak memiliki domain. Fitur ini dapat dimatikan.

NetMeeting Remote Desktop Sharing
FItur ini untuk memberikan access ke computer anda melalui Netmeeting lewat jaringan Intranet. Jika anda tidak berkenan memberikan access kepada orang lain, khususnya dengan cara Remote ke computer anda. Sebaiknya fitur ini dimatikan.

Network Location Awareness (NLA)
Module ini untuk mencatat dan menyimpan daftar network konfigurasi serta informasi lokasi. Fungsi ini tidak membantu, dan dapat dimatikan.

Network Provisioning Service
Manages XML configuration files on a domain basis for automatic network provisioning. Tidak dibutuhkan untuk computer home dan sistem simple network. Fitur dapat dimatikan.

Performance Logs and Alerts
Fitur module untuk mencatat performa computer dan kegiatan lain yang dicatat pada sebuah file (Log file). Anda tidak perlu pusing dengan performa sistem Windows anda, matikan karena tidak banyak berguna untuk stand-alone.

Portable Media Serial Number Service
Retrieves the serial number of any portable media player connected to this computer. Fungsi module ini tidak berguna dan hanya diperuntukan bagi Windows Media based/compatible (”PlaysForSure”) portable. Pemakai MP3 tidak membutuhkan fitur ini dan sebaiknya dimatikan.

QoS RSVP
Menyediakan pengiriman network signal dan kontrol pada local traffic. Fungsi module dengan konsep memberikan bandwidth lebih besar bagi kebutuhan aplikasi. Nyatanya fungsi ini tidak terlalu berdampak. Pilihan dapat dimatikan atau tetap digunakan.

Remote Desktop Help Session Manager
Manages and controls Remote Assistance. Belum diketahui fungsinya untuk apa, Remote Assistance bisa diterima. Atau tidak diperlukan dan dapat dimatikan.

Remote Registry
Memberikan otorisasi remote user memodifikasi registry pada sebuah computer. Sebaiknya dimatikan.

Security Center
Monitors system security settings and configurations.” Menampilkan Pop Up ketika firewall down, Anti virus telah out o date atau sistem Windows update sengaja dimatikan.
Bila anda selalu memonitor ke 3 fungsi diatas, fitur ini dapat dimatikan.Karena fungsi Security center hanya memonitor dan bukan mencegah dan lebih baik mengawasi langsung dari program pengaman anda.

Server
Dukungan file server seperti printer, file untuk berbagi atau share didalam network. Bisa dibutuhkan bisa tidak, bila anda tidak melakukan share antar computer didalam network. Fitur ini dapat dimatikan.

Smart Card
Manages access to smart cards read by this computer. Anda mengunakan Smart Card pada computer anda. Bila tidak sebaiknya dimatikan.

SSDP Discovery Service
Enables discovery of UPnP devices on your home network.” Windows akan memonitor hardware lain dengan sistem Plug and Play. Fungsi ini dapat dimatikan bila anda tidak lagi menambah perangkat lain atau hardware yang anda gunakan adalah permanen. Tetapi bila anda mengunakan banyak hardware sebaiknya fitur ini tetap diaktifkan.

System Restore Service
Performs system restore functions. Windows dapat mengembalikan sistem Windows dengan melakukan restore bila set point backup dilakukan. Dengan mengaktifkan system restore akan lebih mudah mengembalikan Windows bila terjadi crash serta malfunction dan mengembalikan Windows XP ke waktu anda melakukan backup.
Ada pendapat, sistem restore tetap diaktifkan karena lebih cepat mengembalikan sistem Windows seperti set point terakhir. Sayangnya sistem ini mengambil space pada storage. Keuntungannya, anda dengan cepat dapat mengembalikan sistem WinXP yang bermasalah
Pilihannya adalah antara kebutuhan anda apakah mengunakan sistem restore untuk mengembalikan Windows dengan penentuan set point yang anda lakukan. Atau mematikan (Disable) tetapi dengan resiko, bila terjadi crash pada Windows anda harus mengulang menginstall kembali. Keuntungan, anda mendapat space storage lebih besar.

TCP/IP NetBIOS Helper
Provides user experience theme management support for NetBIOS over TCP/IP (NetBT) service and NetBIOS name resolution. Matikan bila anda tidak memerlukan NetBIOS untuk network.

Themes
Provides user experience theme management. Untuk alasan performa, seperti menampilkan interface Win2000. Fitur ini dapat dijalankan melalui Desktop Properti. Jadi tidak ada alasan module ini diload. Anda dapat mematikan fitur ini.

Uninterruptible Power Supply
Manages an uninterruptible power supply (UPS) connected to the computer. Sudah jelas fungsinya bila anda mengunakan UPS memerlukan fungsi ini, fitur ini khusus hanya untuk UPS yang terhubung ke computer melalui COM port. Bila tidak, dapat mematikan.

Wireless Zero Configuration
Menyediakan fungsi otomatis untuk Wireless network adaptor. Bila anda tidak memiliki perangkat WIFI dapat dimatikan.

WMI Performance Adapter
Provides performance library information from WMI HiPerf providers. Tidak jelas untuk apa, dan dapat dimatikan.

Workstation
Creates and maintains client network connections to remote servers. Jika anda mengunakan sharing file didalam network, biarkan fungsi ini tetap bekerja. Bila anda tidak mengunakan fitur sharing dan computer anda berdiri sendiri / stand alone. Fitur ini dapat dimatikan dan tidak berdampak pada koneksi internet.

Tips n triks: 10 cara Komputer kenceng Saat Start-up

Tulisan ini saya sarikan dari tulisan Roland Waddilove di majalah Web User edisi september 07. Semoga ada gunanya, karena aku telah mencobanya dan emang bekerja dengan baik di komputerku. Mungkin bahkan sebagian trip n trik ini pernah dicoba sendiri oleh pembaca, paling tidak tips n trik ini layak dicoba, namun perlu hati-hati kutak-katiknya karena berkaitan dengan jeroannya windows xp.
1. Kosongkan folder Startup. KlikStart, All Programs, Startup. Klik dan tarik program yang tidak selalu diperlukan ketika startup ke, misalnya, desktop. Ntar kalo anda butuh program tsb anda dapat mengkliknya dari desktop.

2.Nonaktifkan program start-up. Untuk menonaktifkan program-program yg tidak diperlukan ketika startup adalah klik Start, Run, lalu ketik msconfig dan klik OK. Lihat daftar program yg ada dan buang tanda cek untuk program yang tidak anda butuhkan. Jika tidak yakin apakah program tsb berguna atau tidak lihat dan dalam daftar di www.sysinfo.org/startuplist.php

3. Pilih Font sesuai kebutuhan. Banyak program yg mengistal font ke dalam komputer anda, yg sudah pasti menambah waktu yg diperlukan bagi Windows utk start-up. Untuk membuang font yg tidak diperlukan, pergi ke Control Panel, ubah tampilan ke Classic View dan dobel klik Fonts. Lalu dobel klik utk melihatnya, jika tidak diperlukan pindah aja ke folder lain yg nantinya bisa anda kembalikan kalo menginginkannya kembali. Atau bisa juga gunakan program FontExpert 2007, dari www.ProximaSoftware.com, klik kanan pada font dan pilih deactivate utk tidak mengaktifkannya.

4. Buang Driver lama yang tidak dipakai lagi. Jika Anda melepas hardware dari sistem maka anda haru juga membuang software driver yang berkaitan. Gunakan Add or Remove Programs dalam Control Panel untuk membuang software dan driver yang berkaitan yang tidak diperlukan lagi.

5. Stop aja service yang tidak diperlukan. Service adalah program yang berjalan secara latar pada sistem komputer anda. Tidak semua service diperlukan, dan dapat dinonaktifkan. Klik Start, Run lalu ketik services.msc dan klik OK utk melihat semua service yang sedang berjalan. Pilih service yang ada dan deskripsi akan muncul di kiri apa fungsinya. Dobel klik service dan set ’service type’ untuk menonaktifkannya. Namun hati-hati ini hanya boleh anda lakukan jika anda yakin ini tidak bakalan membuat windows anda berantakan lho…Contoh service yg tidak perlu adalah Uninterruptible Power Supply, Messenger, Alerter, Clipbook, Remote Registry, Network DDE dan Machine Debug Manager. Info yg berguna berkaitan dg service dpt diperoleh di www.govermentsecurity.org/archive/t1417.html dan www.smartadmin.in/dis_un_srv.

6. Nonaktifkan ‘file and printer sharing. Jika tak ada jaringan di rumah anda , maka tidak perlu berbagi file dan printer, jadi anda dapat menonaktifkan opsi ini untuk membuat kenceng saat start-up komputer anda. Caranya mudah kok. Masuk ke Control Panel, dobel klik Network Connections. Klik kanan tiap ikon dan pilih Properties. Uncheck aja “File and Printer Sharing for Microsoft Networks”.

7. Defrag hard disk secara teratur. File-file yang digunakan untuk menjalankan Windows setelah sekian lama akan tersebar di hard disk anda, yang dapat membuat lelet proses start-up. Defragmentasi dapat merapikan file-file tersebut agar lebih cepat diakses. Caranya, klik Start, All Programs, Accessories, System Tools, Disk Defragmeter. Atau gunakan TuneUp Utilities 2007 dari TuneUp Software GmbH, utk defragmentasi yang lebih baik. Dengan Tuneup ini, anda dapat juga mendefragmentasi membersihkan registry supaya komputer anda makin wes.. e wes.

8. Atur urutan Booting up. Komputer dapat mulai membaca system dari hard disk atau disket, CD atau DVD-ROM, USB Flash atau hard disk eksternal. Pastikan hard disk adalah yang pertama kali diakses Windows. Gunakan BIOS Setup Utility di komputer anda. Carilah urutan Booting-up , pastikan hard disk di urutan pertama. Tidak ada salahnya konsultasi dengan mengunjungi situs Tom’s Hardware untuk informasi lebih lanjut.

9. Kosongkan CD/DVD drive. Ketika mulai booting-up, komputer akan mengecek CD/DVD drive apakah ada disk di dalamnya, mungkin anda dengar suara drive yang berputar. Ambil disk di dalam CD/DVD drive sebelum mematikan komputer dan ketika anda menyalakan kembali lain waktu komputer tidak perlu repot-repot buang waktu mengecek isi CD/DVD drive.

10. Bersihkan folder Prefetch. Windows menyimpan kopi program yang barusan diakses di folder Windows/Prefetch supaya mempercepat proses pencarian di hard disk. Namun beberapa pakar PC menyatakan bahwa lebih baik membersihkan folder Prefetch secara teratur ini untuk menjaga loading program minimum ketika anda gunaka komputer anda kembali. Meskipun ada juga yang tidak setuju. Coba aja deh, aman kok dan rasakan bedanya.

Merubah Setting Windows Dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Kepikiran ga punya Windows yang berbahasa Indonesia ? ngimpi banget tuh, lupakan aja mimpi itu karena tidak akan pernah ada MS Windows berbahasa Indonesia, tapi ga tahu kalo beberapa taon kemudian Tapi kalau yang Anda inginkan adalah tulisan berbahasa Indonesia pada beberapa setting Windows, mudah banget tuh.

Coba buka Windows Explorer. Dari menu View, pilih Folder Options. Pindah ke tab View. Akan muncul tampilan advanced setting yang berisi direktori files and Folder lha yang didalam direktori itulah yang bias di Indonesiakan, seperti pilihan Allow all Uppercase names yang di Indonesiakan menjadi “Gunakan Huruf Besar” terus Show file attributes in detail view di indonesiakan menjadi “Tampilkan Atribut pada detail View” lalu show all file di indonesiakan menjadi “Tampilkan semua file”, dan seterusnya tergantung selera kamu bagaimana pengin menggantinya.

Semua setting asli windows berbahasa inggris, misalnya Allow all uppercase names, hide file extensions for known file types, dan lain-lain. Untuk mengganti tulisan tersebut menjadi teks berbahasa Indonesia atau bahasa apa sesuka sampeyan !!caranya adalah sebagai berikut :
1. Dari Start Menu, pilih Run.
2. Ketikkan regedit, klik OK.
3. Pindah ke key HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindows
CurrentVersionexplorerAdvancedFolder.
4. Back up file registry tersebut, supaya kalau ada kesalahan Anda masih mengembalikan seperti keadaan semula.
5. Cari string ‘Text’ (tanpa tanda petik) yang terletak pada panel sebelah kanan untuk masing-masing subkey. Lalu ganti isinya (atau Data-nya).

Kalau masih bingung, di bawah ini kami berikan contoh lengkapnya :
Di bawah key HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersion
explorerAdvancedFolder terdapat beberapa subkey, diantaranya adalah ClassicViewState, DontPrettyPath, Hidden, HideFileExt, dan seterusnya.
Sekarang pindah ke subkey HideFileExt. Perhatikan pada panel di sebelah kanan, terdapat Name=Text dan Data=Hide file extensions for known file types. Untuk mengganti menjadi bahasa Indonesia klik dua kali pada tulisan Text. Isikan dengan (misalnya) ‘Sembunyikan ekstensi file untuk type file yang diketahui’ (tanpa tanda petik).

Untuk setting yang lainnya caranya sama dengan di atas. Pertama pindah ke salah satu subkey. Klik dua kali pada Text dan ganti tulisan berbahasa Inggris tersebut dengan tulisan Anda. Rubah semua setting menurut selera sampeyan klo perlu pake bahasa gaul, biar temen2 kamu kagum koq bisa ya ngrubah setting windows ke bahasa gaul…..

Selamat mencoba !!

Cara masuk di komputer lain lewat DOS (Windows XP / 2000)

Anda ingin
masuk dikomputer teman anda dalam sebuah LAN ? bisa melihat seluruh isi
harddisk teman anda, membuat directory, membuat file, mendelete file atau
apa saja ? itu mudah, semua caranya ada disini.
Pertama-tama anda harus tahu 2 program penting lalu downloadlah yaitu
internet Maniac (Internet Maniac.exe) … Download Interenet
Maniac
Berfungsi untuk mengetahui ip addreas client melalui computer name /
hostname
KaHT (KaHt.exe) … Download program hacker
KaHT
Berfungsi sebagai program untuk menerobos ke computer server atau client
Ingat hanya dengan 2 program diatas maka anda bersiap-siaplah menguasai
warnet / kampus / kantor dan sebagainya, lho bagaimana bisa ? hehe
Pertama kali anda periksa dahulu jaringan anda dengan melihat para hostname
dengan 2 cara.

Ingat hanya dengan 2 program diatas maka anda bersiap-siaplah menguasai
warnet / kampus / kantor dan sebagainya, lho bagaimana bisa ? hehe
Setelah 2 program diatas di download maka ekstractlah dahulu program
tersebut, entah pake WINZIP atau pake apa.
Kalo udah di extract lalu pertama kali anda periksa dahulu jaringan anda
dengan melihat para hostname dengan 2 cara.
Untuk Windows XP
Cara Pertama Masuk ke Start Lalu Search, lalu pilih computers or people lalu
pilih A computer on the Network lalu langsung klik search maka akan segera
muncul computer-komputer yang terkoneksi dalam jaringan.
Untuk Windows 95/98/Me/2000 (kalau anda menemukan open port 135 di OS ini)
:)
Cara Pertama Masuk ke Start Lalu Search Lalu For Files or Folders lalu pada
menu Search for other item pilihlah computers, lalu akan muncul Search for
computer, maka langsung klik Search Now maka nama-nama computer akan muncul
(Alternatif cara yang cepat dapat mengklik My Network Place / Network
Neighboure saja)
Setelah loe dapetin sasaran computer yang mau di masukin / diremote maka
loe langsung aja jalankan program Internet Maniac
Masuklah ke Host Lookup lalu ketikkan nama computer / hostname lalu klik
resolve, disini anda akan mendapat alamat ip computer tersebut. Dengan nomor
ip ini maka anda sudah mengetahui sasaran computer yang akan di masuki.
Setelah itu selesai maka kita tinggalkan program Internet Maniac, kita akan
berlanjut dengan program KaHT, program ini akan didetect sebagai Trojan oleh
antivirus, tapi abaikan saja, jangan di hapus / di karantina kalau
terdetect, kalau perlu del aja antivirusnya, satu lagi, program KaHT bekerja
dalam MS-DOS Mode jadi disini kemampuan anda menggunakan DOS sangat penting,
tanpa kemampuan DOS maka anda tidak akan bisa banyak berbuat.
Cara masuk DOS Mode
Untuk Windows XP :
Masuklah ke Start, All programs, Accessories lalu Command Prompt
Untuk Windows 95/98/Me/NT/2000
Masuklah ke Start, Programs, Accessories lalu MS-DOS Prompt
Setelah berhasil masuk DOS maka masuklah di directory program KaHT, masa seh
bisa lupa tadi program diextract dimana, hehe, (Misal tadi di extract di
C:\KaH) maka ketikkan "CD\KaHT" dan seterusnya.
Jika sudah, ini saatnya?
Ketikkan "KaHT sebelum_no_ip_komputer_sasaran no_ip_komputer_sasaran.
kalau bingung bisa begini : "KaHT Ip1 ip2"
ip1 : ip awal yang discan
ip2 : ip terahkir yang discan

Misalnya tadi ip-nya 192.168.0.1 setelah di detect pakek Internet Maniac
tadi itu lho.
Maka ketikkan saja "KaHT 192.168.0.0 192.168.0.1" lalu enter aja
Nah disini nanti program akan bekerja otomatis.
Setelah selesai menscan jika nanti port 135 ternyata dalam keadaan open maka
anda akan otomatis di computer tujuan / sasaran, untuk lebih persisnya anda
akan berada di "c:\windows\system" milik komputer tujuan / sasaran setelah
pen-scan-an selesai.
Anda bisa bebas di computer sasaran, mau edit atau di delete pun bisa, hehe
Nah kalo udah begini kita bisa berkreasi :
Pingin biaya warnet kita lebih murah ? gampang masuk aja di billing server,
ketik Time, ganti aja waktunya, tapi jangan banyak-banyak apalagi minus
nanti ketahuan ama operator warnetnya, hehe.
Memata-matai anak yang sedang chatting pakek MiRC di satu warnet / kampus /
kantor / lainnya, cari program MiRC yang digunakan dalam computer tersebut,
biasanya seh di C:\Program Files\MiRC, buka file MiRC.INI, lalu Log IRC di
On kan saja dan kalo mau lihat isi chattingan teman kita itu cukup lewat
"/logs" maksudnya kalau tadi di C:\program Files\MiRC program MiRCnya maka
cukup masuk aja di C:\Program Files\MiRC\Logs nanti disitu ada file-file log
hasil chattingan dia walaupun dia sedang online tetep aja terekam, hehe,
kalo mau mastiin dia makek nick apa, gampang banget bisa jalanin aja MiRCnya
atau periksa di MiRC.INI, gampangkan.
Apalagi nih, Bikin computer itu rusak, lebih baik jangan, tapi sebenere bisa
lho, delete aja file-file systemnya, hehe.
Diatas cuman kreasi dikit aja, loe bisa aja memanfaatkannya jauh lebih
bermanfaat dari pada diatas
Tujuan dari tutorial ini untuk anda yang sering menggunakan komputer dengan
Windows 2000 dan XP dijaringan agar lebih waspada terhadap berbagai tindakan
usil dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab..
5.Membuat akses administrator Windows untuk kita lewat komputer lain
Kita ingin membuat administrator Windows XP/2000 di komputer lain melalui
LAN ? sangat mudah, caranya masuklah ke komputer tujuan dengan program kaht
yang sudah diajarkan diatas, lalu kita akan mencoba beberapa trik.
Melihat akses guest dan administrator di Windows
Ketik : net user
Melihat aktif tidaknya guest di Windows
Ketik : net user guest
Membuat akses guest menjadi Administrator dengan perintah :
Ketik : net localgroup Administrators Guest /add
Membuat akses adminstrator sendiri :
1. Ketik : net user /add
2. Ketik : net localgroup Administrators /add
Menghapus akses administrator
Ketik : net localgroup Users /delete

Catatan:
*Segala kesalahan error / kerusakan pada komputer dan semacamnya adalah
tanggung jawab anda !
*Semua yang anda pelajari dan anda lakukan adalah sepenuhnya tanggung jawab
anda tanpa kecuali.

Istilah-istilah Internet (2)

Hub
Lihat network hub.
Industry Standard Architecture (ISA) slot
Ruang di dalam sebuah komputer untuk menginstal perluasan card, misalnya adapter jaringan. ISA slot biasanya berwarna hitam dan pada umumnya ditemukan hanya di dalam komputer-komputer yang sudah kuno.
Infrared (IR) port
Port di dalam sebuah komputer, seringkali dengan plastik merah di sekelilingnya dan bohlam lampu kecil di bawahnya, yang memancarkan radiasi elektromagnetik, yang membolehkan terjadinya transfer data melalui udara.

komputer-komputer yang sudah kuno.
Infrared (IR) port
Port di dalam sebuah komputer, seringkali dengan plastik merah di sekelilingnya dan bohlam lampu kecil di bawahnya, yang memancarkan radiasi elektromagnetik, yang membolehkan terjadinya transfer data melalui udara.
Instant collaboration
Kemampuan untuk bekerja dengan orang-orang lain yang sesungguhnya melalui Internet. Collaboration mencakup mentransfer file, bersama-sama memakai whiteboard untuk menggambar, dan bersama-sama memakai aplikasi secara kolaboratif, misalnya Microsoft PowerPoint.
Instant communication
Perluasan penyampaian pesan instan dari teks ke modus komunikasi lain, seperti suara dan video. PC berkemampuan multimedia yang menyertakan speaker, mikrofon, atau headset, bisa menghasilkan suara; kamera Web bisa menghasilkan video.
Instant messaging
Cara berkomunikasi di Internet yang di dalamnya pesan-pesan teks dikirimkan dan diterima secara instan. Tak seperti e-mail, yang disimpan di dalam mail server dan bisa di-download serta dilihat oleh seorang penerima kapan saja, instant message mengharuskan Anda dihubungkan ke Internet dan di-logon ke server atau layanan instant messaging.
Institute of Electrical and Electronics Engineers, Inc. (IEEE)
Suatu organisasi profesional teknik yang mengembangkan standar-standar di bidang teknologi elektronika.
Integrated Services Digital Network (ISDN)
Jenis dial-up connection yang memanfaatkan keuntungan dari bandwidth yang tak dipakai melalui saluran telepon reguler untuk mempertukarkan data. Kecepatan transmisi untuk ISDN lebih cepat dibanding dial-up connection, tetapi agak lambat dibanding DSL atau cable. ISDN mensyaratkan pemakaian sepenuhnya saluran telepon Anda untuk menentukan koneksi dan pada umumnya lebih mahal dibanding pilihan-pilihan lain.
Internet connection
Koneksi ke jaringan komputer-komputer di seluruh dunia. Komputer Anda bisa berhubungan dengan memakai modem dan saluran telepon Anda atau melalui broadband connection, misalnya DSL atau cable modem. Ketika Anda dihubungkan ke Internet, Anda memiliki akses ke informasi yang disimpan pada komputer-komputer yang berbeda di seluruh dunia.
Internet Connection Firewall Lihat firewall.
Internet Connection Sharing
Fitur di dalam Windows XP dan Windows versi di aatasnya yang mengizinkan banyak komputer pada suatu jaringan memakai koneksi tunggal secara serentak ke Internet.
Internet Service Provider (ISP)
Suatu organisasi atau perusahaan yang menyelenggarakan koneksi langsung ke Internet dan membolehkan Anda memperoleh akses ke Internet. Pada umumnya Anda menandatangani kontrak dengan ISP untuk membayar biaya tertentu dan ISP menyediakan Anda nomor telepon akses, nama pemakai, dan password. Komputer Anda memakai informasi ini untuk berhubungan ke sebuah komputer di dalam ISP, yang pada gilirannya memperlengkapi komputer Anda dengan akses ke Internet. Selain itu, kebanyakan ISP menyediakan layanan dukungan pelanggan dan e-mail.
Internet surfing
Pemakaian browser Web Anda untuk melihat informasi yang disimpan pada banyak komputer berbeda di Internet. Informasi diakses melalui pages yang dikelola sebagai Web sites.
IP address
Jenis alamat khusus yang mengidentifikasi sebuah komputer pada jaringan TCP/IP. Karena setiap komputer pada jaringan TCP/IP (misalnya Internet) mempunyai IP address, maka sembarang komputer bisa menemukan dan mengirimkan pesan-pesan ke sembarang komputer lain yang tersedia di jaringan.
IPX/SPX
Jenis protocol komunikasi yang dipakai oleh komputer-komputer untuk berkomunikasi satu sama lain pada suatu jaringan. IPX/SPX ditemukan oleh Novell dan pada umumnya hanya dipakai pada jaringan model kuno atau jaringan yang memakai software Novell NetWare. Kebanyakan jaringan dewasa ini lebih menyukai TCP/IP ketimbang SPX/IPX, karena TCP/IP adalah protocol yang dipakai di Internet.
Log file
Sebuah file yang merekam kegiatan-kegiatan yang dikerjakan oleh aplikasi, layanan, atau sistem operasi.
Mapping
Pemberian sebuah huruf drive ke suatu folder di jaringan sehingga huruf drive itu muncul di jendela My Computer.
Mbps (megabyte per second)
Ukuran bandwidth, atau aliran komunikasi, melalui suatu jaringan atau media komunikasi lain.
Microsoft Outlook Express
Lihat Outlook Express.
Microsoft Windows Messenger
Lihat Windows Messenger.
Network adapter
Device fisik yang membolehkan sebuah komputer berhubungan melalui sebuah kabel ke device atau komputer lain untuk membuat jaringan. Kadang-kadang dinamakan network interface, suatu network adapter bisa menjadi card yang Anda instal di sebuah komputer atau device USB yang Anda hubungkan ke port di sebuah komputer.
Network bridge
Bagian dari device hardware atau software yang membuat koneksi di antara jenis-jenis media jaringan yang berbeda. Misalnya, jika Anda memiliki jaringan Ethernet dan jaringan phoneline (HPNA), maka network bridge memungkinkan komputer-komputer pada jaringan tersebut berkomunikasi satu sama lain. Windows XP menyediakan software network bridge yang mudah di-setup.
Network card
Papan sirkuit komputer yang diinstal di sebuah komputer untuk mengizinkan komputer berhubungan ke jaringan.
Network hub
Jenis hardware tempat kabel masuk dari banyak komputer dan data dipertukarkan serta dikirimkan ke komputer-komputer lain di jaringan. Network hub merupakan komponen yang sangat penting di jaringan Ethernet yang khas.
Network media
Kumpulan hardware seperti hub, cable, dan network adapter yang Anda pakai untuk menghubungkan komputer-komputer dan device lain secara fisik untuk membuat suatu jaringan.
Outlook Express
Program e-mail yang disertakan cuma-cuma di dalam Windows XP. Outlook Express memungkinkan untuk memeriksa rekening e-mail Anda secara cepat. Outlook Express juga membantu Anda mengawasi alamat dan nomor telepon rekan kerja serta teman Anda.
Packet
Potongan informasi yang bisa dikirimkan secara mudah melalui jaringan atau Internet. Saat sebuah file ditransmisikan melalui jaringan, file itu dipecah menjadi packet-packet kecil dan masing-masing packet dikirimkan secara terpisah melalui jaringan. Ketika semua packet mencapai komputer tujuan, packet tersebut disusun ulang oleh komputer tujuan untuk membentuk salinan yang lengkap dari file orisinal.
Parallel
Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara serentak melalui kawat yang dihubungkan secara paralel.
PC Card slot
Pembuka di dalam kotak sebuah komputer, biasanya laptop, yang dirancang untuk menahan PC card, misalnya network adapter.
Peripheral Components Interconnect (PCI) slot
Ruang di dalam sebuah komputer untuk menginstal perluasan card, misalnya network adapter. PCI slot biasanya berwarna putih.
Peripheral
Hardware yang dihubungkan ke sebuah komputer, misalnya printer, scanner, joystick.
Platform for Privacy Preferences (P3P)
Standar Internet yang terbukti didesain untuk memudahkan bagi situs Web mengiklankan kebijaksanaan privasinya dan bagi para pemakai menentukan preferensi privasinya. Agar P3P bisa efektif, situs Web harus menentukan kebijaksanaan privasinya dengan memakai standar P3P dan pemakai mesti memakai browser yang kompatibel dengan P3P, misalnya Internet Explorer.
Plug and Play
Fitur yang membolehkan sebuah komputer secara otomatis mendeteksi dan mengkonfigurasi device ketika dicantelkan ke komputer.
Plug and Play compatible
Device yang, ketika dicantelkan, bisa secara otomatis dikenali oleh Windows dan diaktifkan tanpa interaksi dari seorang pemakai.
Port
Titik koneksi pada sebuah komputer yang datanya bisa diberikan dan diambil. Beberapa port berbentuk fisik, misalnya port yang menghubungkan suatu printer ke sebuah komputer dan beberapa port lainnya adalah virtual, misalnya port TCP/IP yang dipakai sebuah komputer untuk berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet.
Printer driver
Suatu program yang dirancang untuk mengizinkan program-program lain bekerja dengan printer tertentu tanpa mempedulikan dirinya dengan spesifikasi dari bahasa internal dan hardware printer. Dengan memakai printer driver yang menangani penyewaan masing-masing printer, program bisa berkomunikasi secara sempurna dengan berbagai printer.
Privacy policy
Suatu dokumen yang dipasang di situs Web yang mendeskripsikan informasi apa yang dikumpulkan situs Web tentang diri Anda dan apa rencana-rencana perusahaan yang dikerjakan dengan informasi itu.
RJ-11
Stopkontak modul standar yang dipakai untuk koneksi telepon. RJ-11 bisa mencapai enam pin tetapi biasanya hanya memakai empat pin.
RJ-45 connector
Stopkontak modul standar yang dipakai untuk jaringan Ethernet. RJ-45 connector mempunyai delapan pin, yang kadang-kadang dinamakan position.
Scanner
Device yang dipakai untuk menyalin kertas, slide, transparansi, atau media lain ke suatu format digital, yang kemudian bisa disimpan dan dimanipulasi di sebuah komputer.
Serial
Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara berurutan, satu bit pada suatu waktu, melalui kabel tunggal. Pada umumnya komunikasi serial agak lambat dibanding komunikasi paralel.
Share name
Nama yang Anda berikan ke printer yang dipakai bersama-sama yang akan dilihat para pemakai lain saat mereka berhubungan ke printer di jaringan. Anda bisa mengganti share name dengan memakai tab Sharing pada kotak dialog Properties untuk printer itu.
Shared Documents folder
Sebuah folder pada komputer-komputer Windows XP yang mengizinkan dokumen-dokumen dipakai bersama-sama dengan para pemakai lain dari komputer itu serta komputer-komputer lain di jaringan. Sebuah folder dengan nama ini juga dibuat pada sistem operasi Windows lainnya oleh Windows XP Network Setup Wizard.
Shared folder
Sebuah folder yang dapat diakses ke komputer-komputer lain di jaringan.
Streaming
Suatu metode mengirimkan isi yang di dalamnya isi diletakkan di sebuah server yang ditransmisikan melalui suatu jaringan dalam aliran yang terus-menerus, lalu dimainkan oleh software client. Misalnya, dengan streaming musik, player bisa mulai memainkan musik segera, bukan menunggu seluruh file musik di-download ke komputer.
TCP/IP
Protocol komunikasi yang dipakai oleh komputer-komputer di Internet untuk berkomunikasi satu sama lain. Karena semua komputer di Internet memakai TCP/IP, maka komputer itu bisa berkomunikasi dengan lancar. TCP/IP juga merupakan protocol pilihan bagi jaringan rumah atau jaringan kantor yang memakai Windows XP.
Third-party cookie
Cookie yang diletakkan di komputer Anda oleh situs Web selain situs Web yang sedang Anda kunjungi. Misalnya, banyak Web pages memakai isi dari sumber-sumber lain, seperti iklan, dan third-party sources ini dapat meletakkan cookie di komputer Anda. Third-party cookie mampu melewati banyak pelindung privasi yang dipasang ke cookie, yang mengakibatkannya terjadi resiko privasi yang lebih tinggi. Lihat juga first-party cookie.
Trojan horse
Suatu program yang menyamar sebagai suatu file atau program yang sah dan berusaha untuk melewati pintu keamanan dan kalau tidak memperdayai para pemakai supaya membuka virus atau program jahat lainnya di komputer mereka.
Universal Plug and Play (UPnP) Forum
Sekelompok perusahaan yang jumlahnya lebih dari 350 yang mendefinisikan kerangka kerja arsitektur untuk menghubungkan layanan dan device elektronik. UPnP Forum sedang membuat sejumlah standar untuk mengaktifkan konektivitas dan komunikasi di antara Windows dan alat-alat yang cerdik di rumah, kantor, dan lokasi-lokasi lain.
Unshielded Twisted Pair (UTP)
Jenis pengkabelan telepon tembaga yang paling lazim yang dipakai di dalam kabel untuk membuat jaringan.
USB port
Interface Plug and Play yang standar di antara sebuah komputer dan device tambahan. USB port memudahkan untuk menambahkan device ke komputer Anda tanpa harus menambahkan adapter card atau bahkan menonaktifkan komputer. Anda bisa menambahkan device, misalnya printer, joystick, mouse, keyboard, dan adapter jaringan.
Virus
Suatu program kecil yang menyelinap masuk ke sebuah komputer, biasanya mengerjakan beberapa tugas yang berbelit-belit, lalu meniru serta menyebarkan dirinya sendiri ke komputer-komputer lain. Pengembangbiakan jaringan dan Internet memberikan virus suatu metode yang baru dan efektif untuk penyebaran.
Virus protection software
Suatu program yang memantau virus-virus yang dikenali di sebuah komputer dan menggunakan ukuran untuk mempertahankan komputer dari virus tersebut
Web storage
Sebuah folder di jaringan yang di dalamnya Anda bisa menyimpan file. Web storage merupakan layanan yang tepat untuk dipakai ketika Anda ingin bersama-sama memakai foto, musik, atau video dengan keluarga dan teman.
Windows Messenger
Suatu layanan Windows yang membolehkan adanya komunikasi instan di antara sekelompok orang tertentu melalui Internet. Tak seperti program chat Internet, Windows Messenger hanya mengizinkan orang yang Anda inginkan sebagai bagian dari percakapan yang sedang berlangsung.

20 Rahasia Tersembunyi WindowsXP

1. Pada versi sebelumnya, Windows masih sangat malu malu untuk menunjukan secara detail informasi dari sistem yang sedang bekerja, namun semenjak kemunculan WindowsXP, hal ini sudah tidak berlaku lagi. Kita dapat mengintip secara detail informasi tentang sistem yang saat ini berjalan dengan melakukan beberapa langkah mudah yaitu, : Bukalah [Command Prompt] pada menu [Accessories] dari tombol [Start]-->[All Programs], lalu ketiklah 'systeminfo'. Pada layar akan tersaji banyak informasi yang berguna tentang komputer anda termasuk 'uptime'. Jika anda ingin menyimpan informasi tersebut, ketik 'systeminfo > info.txt'. Perintah ini akan menghasilkan file info.txt yang dapat anda baca menggunakan Notepad. (WindowsXP Professional).

2. Anda dapat menghapus sebuah file secara langsung tanpa harus menyimpan terlebih dahulu di [Recycle Bin]. Klik [Start], lalu klik [Run...], kemudian ketiklah 'gpedit.msc'. Selanjutnya pilihlah [User Configuration]-->[Administrative Templates]-->[Windows Components]-->[Windows Explorer], lalu pilih 'Do not move deleted files to the Recycle Bin'. Selain fungsi ini, anda bisa mengutak atik banyak fungsi di gpedit, cuma hati hati, bila salah melangkah bisa bisa komputer anda tidak bisa hidup lagi dengan normal. (WindowsXP Professional).

4. Entah apa maksudnya, WindowsXP dengan sengaja dan tanpa merasa berdosa menyembunyikan beberapa program sistem yang sebagian mungkin tidak kita butuhkan. Salah satu program yang sempat saya bahas disini adalah Windows Messenger. Untuk memunculkan kembali program tersembunyi itu, coba gunakan Notepad untuk menyunting file sysoc.inf yang ada di direktori /windows/inf/. Kemudian carilah kata 'hide' pada setiap baris program, lalu hapus dengan mantap. Setelah menyimpan kembali file tersebut, pergilah ke [Add or Remove Programs] pada [Control Panel], pilih [Add/Remove Windows Components]. Disana akan tampak semua program yang sebelumnya tersembunyi. Selanjutnya terserah anda, mana yang mau dihapus dan mana yang dibiarkan saja.

5. Bagi mereka yang suka main main dengan file Batch via DOS, WindowsXP mempunyai banyak perintah yang menarik. Perintah ini termasuk 'eventcreate' dan 'eventtriggers' untuk mengamati system events. 'typeperf' untuk memonitor performa dari sistem, 'schtasks' untuk menangangi sekejul. Seperti biasa, akhirilah setiap perintah dengan /? untuk mendapatkan opsi tambahan.

6. WindowsXP sudah mendukung IP versi 6 atau IPv6 (generasi selanjutnya dari IP). Sayangnya IPv6 ini lebih banyak diimplementasikan pada ISP, sehingga untuk sekedar bisa mencobanya kita membutuhkan sebuah komputer yang tersambung ke dalam suatu LAN. Ketik 'ipv6 install' pada [Run...] (Santai saja, proses ini tidak akan mengacaukan sistem LAN anda). Selanjutnya, ketiklah 'ipv6 /?' pada baris command untuk mendapatkan opsi tambahan. Jika anda tidak ngerti tentang ini, tidak apa apa, saya juga nggak begitu mengerti.

7. Anda bisa menghentikan beberapa task yang sedang aktif pada sistem dengan perintah di command prompt (Saya tahu, biasanya anda menggunakan task manager, khan?). Ketiklah 'taskkill /pid' lalu nomor task, atau 'tskill' diikuti nomor/nama process. Untuk mengetahui nomor task atau nama process, ketiklah 'tasklist', perintah ini juga memberikan informasi tentang kondisi sistem anda saat itu.

8. Windows XP akan menampilkan file Zip seperti layaknya sebuah folder. Hal ini tentu akan lebih nyaman dipakai bila spesifikasi komputer anda bagus. Namun bila komputer anda termasuk golongan 'jadul' alias kuno bin lambat, anda bisa mematikan fungsi ini dengan mengetik 'regsvr32 /u zipfldr.dll' pada command prompt. Jika anda ingin mengembalikan ke fungsi semula ketiklah 'regsvr32 zipfldr.dll'.

9. XP memiliki apa yang dinamakan ClearType (Sebuah teknologi anti-aliasing font baru dari Microsoft). Sayangnya fungsi ini tidak aktif secara default. Untuk mengaktifkan fungsi ClearType, klik kanan pada desktop, pilih [Properties]-->[Appearance]-->[Effects], lalu pilih ClearType pada menu drop down kedua, selanjutnya klik OK. Hasil yang signifikan dari fitur ini terutama tampak pada layar laptop. Jika anda menginginkan ClearType juga muncul pada saat layar login, coba lakukan perubahan pada registry berikut [HKEY_USERS/.DEFAULT/Control Panel/Desktop/FontSmoothingType to 2].

10. Anda dapat menggunakan [Remote Assistance] untuk membantu teman yang menggunakan NAT (Network Address Translation) pada sebuah jaringan rumah, tetapi hal ini tidak aktif secara otomatis. Suruh bila perlu paksa teman anda untuk mengirimkan sebuah imel undangan Remote Assistance, dan sunting file tersebut. Di bawah attribute RCTICKET adalah alamat IP-nya NAT, seperti misalnya 192.168.1.10. Gantilah IP tersebut dengan IP yang saat ini anda gunakan. Untuk membantu menentukan IP, anda bisa berkunjung kesini. Pastikan juga teman anda untuk membuka port 3389. Selanjutnya silakan saling tolong menolong.

11. Anda dapat menjalankan suatu program dengan pengguna atau user yang berbeda tanpa harus melakukan seremonial logging out dan logging in. Klik kanan ikon dari program tersebut, lalu pilih [Run As...]. Masukan user name dan password yang ingin anda korbankan eh gunakan. Trik ini akan sangat berguna saat anda berada di akun limited namun anda ingin mempunyai wewenang sebagai administrator untuk menginstall suatu program. Catatan : Anda akan mendapatkan kesenangan yang lebih saat menjalankan banyak program dengan akun yang berbeda beda pada satu sistem, tetapi jangan lupa, tindakan ini juga bisa menimbulkan sesuatu yang tak terduga. Ingin tahu? Coba aja.

12. Windows XP mempunyai kebiasaan buruk atau boleh dikatakan cerewet dalam hal memaksa kita untuk melakukan auto updates, registrasi Passport, menggunakan Windows Messenger dan lain lain. Paksaan ini muncul berupa baloon tips di pojok kanan bawah. Untuk mengenyahkannya dari muka Windows, coba jalankan [Regedit], lalu masuk ke HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/Current Version/Explorer/Advanced, buatlah DWORD value dengan nama EnableBalloonTips dan beri nilai 0.

13. Anda dapat menjalankan Windows tanpa harus mengisi user name atau password terlebih dahulu. Klik [Run...], ketik 'control userpasswords2', yang akan membuka aplikasi akun user. Pada tab [Users], hilangkan centang pada Users Must Enter A User Name And Password To Use This Computer, lalu klik OK. Selanjutnya akan muncul jendela log on, masukan user name dan password dari akun yang akan anda gunakan.

14. Internet Explorer 6 akan menghapus temporary files hanya bila anda menyuruhnya. Jalankan browser Internet Explorer, pilih [Tools]-->[Internet Options...]-->[Advanced], alihkan pandangan ke bawah pada [Security area], lalu isikan centang pada Empty Temporary Internet Files folder when browser is closed.

15. WindowsXP memiliki kemampuan untuk memunculkan animasi/ikon yang memperlihatkan aktifitas dari jaringan. Hal ini berguna saat anda tidak melihat ada lampu yang berkedip kedip di kartu jaringan yang anda pakai. Klik kanan [My Network Places] pada desktop, lalu pilih [Properties]. Klik kanan pada deskripsi dari LAN anda, pilih [Properties], selanjutnya isikan centang pada Show icon in notification area when connected. Sekarang anda akan melihat ikon jaringan mungil di pojok kanan desktop saat jaringan sedang aktif melakukan transfer data.

16. Start Menu akan sangat menjengkelkan bila lambat dalam memunculkan daftar program. Untuk mempercepatnya, anda bisa mengubah registry [HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop/MenuShowDelay] dari 400 ke jumlah yang lebih kecil seperti 0.

17. Anda dapat melakukan perubahan nama (rename) banyak file dalam satu folder hanya dengan beberapa langkah mudah. Sorot atau blok sejumlah file yang akan diubah namanya, lalu klik kanan satu diantaranya, selanjutnya ubah nama file tersebut sesuai dengan keinginan anda, tekan [Enter]. Semua file yang dipilih tadi akan berubah namanya sesuai dengan nama pilihan anda, dan dibelakangnya terdapat nomor khusus untuk membedakannya.

18. Windows Media Player akan memunculkan cover dari album yang sedang dimainkannya, apabila gambar cover tersebut ditemukan di internet. Jika tidak ditemukan, anda bisa menggunakan gambar rancangan anda sendiri untuk dimunculkan. Cukup memberikan nama folder.jpg pada gambar tersebut dan menaruhnya satu folder dengan track lagu yang dimainkan maka Windows Media Player akan memunculkan gambar tersebut.

19. Tombol [Windows] + [Break] akan memunculkan [System Properties], tombol [Windows] + [D] akan memunculkan desktop, tombol [Windows] + [Tab] untuk berpindah pindah program aktif ada taskbar.

20. Pengganti Windows XP adalah Windows Vista yang sebelumnya diberi nama Longhorn. Windows ini memberikan fitur tambahan dari WindowsXP yang mudah mudahan bisa saya oprek bila ada dana untuk melakukan upgrade komputer. Mengapa? Windows Vista saya jamin tidak akan mampu berjalan di komputer saya yang jadul ini.

Istilah-istilah di Internet (1)

Backup
Salinan dari sebuah file yang dibuat untuk memastikan bahwa jika file orisinal rusak atau dihancurkan, maka yang hilang akan diminimalkan dan kebanyakan tidak semua data bisa diperbaiki. Secara khusus, backup dibuat dalam interval reguler, yang disimpan di media yang dapat dipindahkan, misalnya disk Zip, dan diletakkan di lokasi yang terpisah dari komputer.
Broadband connection
Jenis koneksi Internet yang relatif cepat, selalu aktif, dan cocok untuk mempertukarkan file-file besar, misalnya grafis, video, atau musik melalui Internet.
Cable
Jenis koneksi broadband yang populer yang memakai saluran televisi kabel yang sudah ada untuk berhubungan ke Internet. Koneksi kabel jauh lebih cepat dibanding koneksi telepon, membutuhkan modem kabel khusus, dan tidak mengganggu siaran televisi.

Category 5 (Cat5) UTP
Standar industri untuk kabel UTP (unshielded twisted-pair) yang dipakai untuk menghubungkan komputer-komputer di suatu jaringan komputer.
Coaxial
Jenis kabel yang terdiri dari sebuah kabel tembaga yang dikelilingi oleh isolasi dan pelindung lubang kabel yang dihubungkan dengan tanah.
Collaboration
Lihat instant collaboration.
Contacts
Orang yang berkomunikasi dengan Anda di dalam Windows Messenger. Agar ditambahkan ke daftar Windows Messenger Contact, Anda mesti memiliki suatu rekening Passport. Selain itu, Anda perlu menginstal Windows Messenger dan dihubungkan ke Internet untuk berkomunikasi.
Cookie
Kepingan data kecil yang disimpan pada komputer Anda oleh situs Web. Cookie mengaktifkan situs Web untuk mengenali kedatangan kembali para pengunjung dan mengizinkan mereka untuk menyimpan setting masing-masing, seperti nama logon, password, dan setting halaman yang lazim.
Dial-up connection
Suatu jenis koneksi Internet yang memakai saluran telepon Anda untuk menentukan koneksi. Dial-up connection sangat populer tetapi sangat lambat. Komputer Anda menentukan koneksi Internet dengan memakai sebuah modem melalui saluran telepon dan mensyaratkan pemakaian sepenuhnya saluran telepon Anda selama durasi sesi Internet. Dial-up connection hanya cocok untuk pemakaian Internet yang tidak rutin dan pada umumnya terlampau lambat untuk mempertukarkan file-file besar, misalnya grafis, musik, dan video.
Digital Satellite System (DSS)
Jenis dial-up connection yang memakai piring satelit untuk men-download informasi dari Internet. Walaupun piring DSS dapat men-download informasi secara cepat, koneksi ini hanya satu arah, yang berarti bahwa Anda masih harus menentukan dial-up connection melalui saluran telepon untuk memulai sesi Internet dan mengambil informasi.
Digital Subscriber Line (DSL)
Tipe broadband connection yang populer yang memanfaatkan keuntungan dari bandwidth yang tak dipakai dalam saluran telepon reguler untuk mempertukarkan data. DSL jauh lebih cepat ketimbang dial-up connection atau ISDN, tetapi DSL tidak mengganggu pemakaian telepon sehari-hari.
Ethernet crossover cable
Jenis kabel Ethernet khusus yang membolehkan dua komputer berhubungan satu sama lain secara langsung melalui adapter jaringan Ethernet-nya. Dengan kabel Ethernet yang normal, setiap komputer harus berhubungan ke hub jaringan untuk berkomunikasi.
File server
Sebuah komputer pada suatu jaringan yang menyediakan lokasi sentral untuk menyimpan file sehingga semua komputer lain pada jaringan bisa mengaksesnya. Pada umumnya, sebuah komputer yang bertindak sebagai file server mempunyai hard disk yang besar untuk menyimpan file dan beberapa jenis device backup, misalnya drive tape, untuk memastikan bahwa file tidak hilang atau dihancurkan.
File Transfer Protocol (FTP)
Suatu layanan Internet yang didesain secara spesifik untuk mentransfer file-file dari satu komputer pada Internet ke komputer lain. Server FTP di Internet bisa berisi sejumlah file besar, misalnya program atau gambar, yang dapat di-download para pemakai di Internet ke komputer mereka kapan pun mereka mau.
Firewall
Suatu device hardware atau program yang menolong mencegah akses yang tak berwenang ke sebuah komputer melalui koneksi jaringan. Firewall memantau dan menyaring paket-paket yang dikirimkan dan diterima, yang menyediakan rintangan di antara sebuah komputer atau suatu jaringan dan dunia luar.
First-party cookie
Cookie yang diletakkan pada komputer Anda oleh situs Web yang sedang Anda kunjungi. Lihat juga third-party cookie.
Gateway
Sebuah program software, device hardware, atau komputer khusus yang terletak di antara sebuah komputer atau jaringan dan jaringan lain. Gateway pada umumnya dipakai sebagai rintangan protektif di antara jaringan dan Internet, yang mengelola komunikasi masuk dan komunikasi keluar di antara komputer-komputer di jaringan dan Internet. Lihat juga hardware gateway.
Guest
Jenis rekening pemakai yang bisa mengakses program-program yang sudah diinstal pada komputer, tetapi tidak dapat mengganti setting rekening pemakai atau sistem apa pun. Rekening ini cocok untuk seseorang yang hanya membutuhkan akses temporer ke komputer – misalnya, untuk menjelajahi Web.
Guest computer
Sebuah komputer yang menerima koneksi dari komputer lain, yang ditunjuk sebagai host computer.
Hardware gateway
Suatu kombinasi hardware dan software yang menghubungkan suatu jaringan ke Internet. Gateway pada umumnya juga memakai ukuran untuk mengamankan komputer-komputer pada jaringan rumah Anda dari para pengacau dari luar. Anda dapat memakai sebuah komputer Windows XP sebagai Internet gateway bagi jaringan Anda atau Anda bisa membeli hardware tersendiri, yang juga dinamakan gateway, yang Anda hubungkan ke jaringan Anda dan Anda pakai untuk menentukan koneksi Internet.
Home Phoneline Networking Alliance (HomePNA)
Sekelompok pakar industri yang bekerja untuk menstandarkan desain jaringan yang dihubungkan melalui saluran televisi rumah. Standar tersebut mendorong pabrik-pabrik agar memproduksi device yang memanfaatkan keuntungan dari kabel telepon rumah dan mengizinkan interoperability di antara device-device yang berbeda.
Host
Sebuah komputer yang mengawali koneksi dengan komputer lain yang ditunjuk sebagai guest computer.

Masalah Hard disk dan Teknik Data Recovery

Hard disk merupakan salah satu peripheral utama yang harus ada di dalam sebuah computer. Di hard disk juga segala informasi disimpan dalam bentuk file-file. Sama halnya dengan peripheral lain yang bisa mengalami kerusakan akibat static electricity (listrik statis), electric shock, dan berbagai faktor lainnya yang akhirnya kita bisa kehilangan data-data dalam hard disk tersebut. Seperti pada kasus Jessica di postingan sebelumnya, tentu saja kita akan panik dan stress apabila data-data dalam hard disk tersebut adalah data- data penting sekali. Tetapi dengan data recovery, data-data yang hilang tersebut bukan tidak mungkin bisa diambil kembali.
Sebelumnya kita perhatikan beberapa factor hard disk failure yang bisa menyebabkan hilangnya data-data dalam hard disk di bawah ini :

Physical Failure
Physical Failure bisa disebabkan karena beberapa hal seperti mematikan computer
secara mendadak atau bukan melalui prosedur mematikan computer yang benar.
Selain itu power supply yang bermasalah dan component hard disk yang kurang bagus bisa menimbulkan masalah ini. Penggunaan power supply yang bagus tentu bisa memberikan efek yang baik, karena kenyataan-nya beberapa power supply yang
jelek itu bisa menyebabkan circuit board terbakar.

Logical Failure
Dalam hal ini adalah masalah Master Boot Record failure. Secara teknis jika master boot record bekerja dalam kondisi tidak bermasalah, master boot code akan melakukan pengecekan partition yang active dalam partition table, mencari sector awal, me-load sebuah copy boot sector dari partition yang active ke dalam memory dan mengirimkan control ke executable code di dalam boot sector. Jika master boot code tidak bisa menyelesaikan fungsi-fungsi ini, maka system akan menampilkan pesan MBR error.

Boot Sector Failure
Boot sector adalah suatu area di dalam hard disk, floppy disk ataupun data storage lainnya. Boot sector ini terdiri dari program computer yang di load operating system ke dalam memory. Terjadinya boot sector failure ini biasanya karena virus yang menyerang boot sector.

Accidentally Deleted Data
Data yang terhapus tanpa sengaja bisa membuat kita panik dan stress. Tapi terkadang pula kita menghapus file yang ternyata pada beberapa waktu ke depan kita masih membutuhkan file-file tersebut. Tapi jangan khawatir karena dengan data recovery memungkinkan file-file yang terhapus itu diambil kembali.

Cross Linked Files
Cross Linked Files adalah file system error yang meng-corrupt isi dari sebuah file dengan me-rewrite data dari file lain ke dalam cluster yang sama. Memang dengan menjalankan scandisk atau program sejenisnya bisa menyelesaikan masalah ini, tetapi salah satu dari file itu akan tidak bisa di gunakan atau rusak.

Bad Sector
Bad sector adalah suatu area dalam hard disk yang tidak bisa digunakan lagi. Jika suatu bagian dari hard disk yang berisi data-data tersebut terkena bad sector maka data itu harus di recover dulu sebelum bisa digunakan lagi. Ketika kita mem-format sebuah hard disk, operating system akan menandai semua sector yang tidak bisa digunakan sebagai bad sector, walaupun tidak bisa digunakan lagi, itu tidak mempengaruhi performance keseluruhan dari hard disk tersebut.

TEKNIK DATA RECOVERY

Di bawah ini adalah beberapa teknik data recovery yang bisa kita terapkan jika kita menghadapi masalah-masalah pada harddisk seperti yang disebutkan di atas.

Mengganti Circuit Board / PCB
Teknik ini yang saya pergunakan ketika hard disk saya terbakar pada boardnya.
Teknik ini harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak salah satu komponen dalam hard disk.

Mengganti Firmware
Firmware pada hard disk adalah informasi yang digunakan oleh computer yang
mengijinkan computer itu ‘berkomunikasi’ dengan hard disk. Firmware bisa diganti
dengan yang terbaru.

Mengganti Head Stack
Kalau di tape ada yang namanya head, di hard disk juga ada yang namanya head.
Di tape biasanya kalau lagu gak jernih, head-nya bisa kita bersihin pake tape-head-cleaner. Tapi kalau head di hard disk bentuknya sangat kecil sekali, seperti chip berukuran kecil yang berada dalam head stack yang dinamakan Preamplifier. Untuk mengganti head stack lebih baik di kerjakan dalam sebuah tempat yang benar-benar secure karena kesalahan kecil bisa menyebabkan kerusakan fatal.

Memindahkan Disk ke Hard Disk Lain
Jika circuit board yang berada di luar hard disk dan komponen-komponen dalam
hard disk seperti head stack tadi rusak dan hanya kepingan disk yang masih berfungsi, data recovery bisa dilakukan dengan cara memindahkan disk tersebut ke hard drive lain.

Spin-Stand Testers
Spin-Stand ini digunakan untuk melakukan test terhadap hard disk terutama pada preamplifier dan read channel suppliers agar bisa berfungsi dengan akurat. Tester ini sering dipakai oleh pabrik hard disk.

Magnetic Force Microscopes (MFM)
Magnetic Force Microscopes adalah sebuah tool yang sangat mutakhir untuk high-resolution magnetic imaging dari hampir semua media storage. Data recovery menggunakan Magnetic Force Microscopes ini merupakan data recovery yang canggih,
jadi memang harus dilakukan oleh ahlinya.
Dikutip dari christorufinus.com
 

Artikel Terbaru

Followers